Buku Pai Sd Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Untuk Guru Dan Siswa
Berikut ini yakni berkas Buku PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) SD MI Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa. Download file format PDF.
Buku PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa |
Buku PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa
Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Buku PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa:
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 6 Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan Kurikulum sebelumnya dengan pendekatan pembelajaran aktif menurut nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah melaksanakan penyesuaian beberapa nama mata pelajaran yang antara lain yakni mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Kurikulum 2013 sudah tidak lagi memakai standar kompetensi (SK) sebagai contoh dalam menyebarkan kompetensi dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 telah menyusun kompetensi inti (KI). Kompetensi inti yakni tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang penerima didik pada setiap kelas atau agenda (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2016 wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menegah, pasal 2, ayat 1).
Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam Kompetensi Dasar (KD). KD yakni kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai penerima didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti (Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 wacana KI dan KD pada Pendidikan Dasar dan Menegah, pasal 3, ayat 2). Perubahan sikap dalam pengamalan fatwa agama dan akal pekerti menjadi perhatian utama.
Tujuan penyusunan Buku Guru ini yakni untuk menunjukkan panduan bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaksanakan evaluasi terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini, terdapat lima hal penting yang perlu menerima perhatian khusus, yaitu: proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi guru dengan orang bau tanah penerima didik.
Untuk mewujudkan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang efektif dan budaya Islami di sekolah, perlu adanya sinergi antara guru PAI dan BP dengan guru lainnya, serta perlu adanya pertolongan dari kepala sekolah. Penciptaan budaya Islami sanggup dilakukan melalui pembelajaran PAI dan Budi Pekerti baik di dalam kelas maupun di luar kelas ibarat di Musala, Masjid, Laboratorium atau lainnya yang berada di lingkungan sekolah.
Penambahan jam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dimaksudkan untuk mengoptimalkan pengamalan agama Islam bagi penerima didik dan membentuk budaya Islami di sekolah. Oleh alasannya yakni itu, peresapan metode penyesuaian dan keteladanan mutlak dibutuhkan seperti: tad±rus al-Qur’an, doa sebelum pembelajaran dimulai, Salat Duha, Salat Zuhur berjamaah, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), zikir bersama, outbound Islami, dan lain-lain.
Daftar Isi Buku PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa
Daftar Isi Pelajaran pada buku ini:
Petunjuk Penggunan Buku Guru PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, tahapan berikut sangatlah penting diperhatikan oleh guru.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 6 Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan Kurikulum sebelumnya dengan pendekatan pembelajaran aktif menurut nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah melaksanakan penyesuaian beberapa nama mata pelajaran yang antara lain yakni mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Kurikulum 2013 sudah tidak lagi memakai standar kompetensi (SK) sebagai contoh dalam menyebarkan kompetensi dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 telah menyusun kompetensi inti (KI). Kompetensi inti yakni tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang penerima didik pada setiap kelas atau agenda (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2016 wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menegah, pasal 2, ayat 1).
Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam Kompetensi Dasar (KD). KD yakni kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai penerima didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti (Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 wacana KI dan KD pada Pendidikan Dasar dan Menegah, pasal 3, ayat 2). Perubahan sikap dalam pengamalan fatwa agama dan akal pekerti menjadi perhatian utama.
Tujuan penyusunan Buku Guru ini yakni untuk menunjukkan panduan bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaksanakan evaluasi terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini, terdapat lima hal penting yang perlu menerima perhatian khusus, yaitu: proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi guru dengan orang bau tanah penerima didik.
Untuk mewujudkan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang efektif dan budaya Islami di sekolah, perlu adanya sinergi antara guru PAI dan BP dengan guru lainnya, serta perlu adanya pertolongan dari kepala sekolah. Penciptaan budaya Islami sanggup dilakukan melalui pembelajaran PAI dan Budi Pekerti baik di dalam kelas maupun di luar kelas ibarat di Musala, Masjid, Laboratorium atau lainnya yang berada di lingkungan sekolah.
Penambahan jam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dimaksudkan untuk mengoptimalkan pengamalan agama Islam bagi penerima didik dan membentuk budaya Islami di sekolah. Oleh alasannya yakni itu, peresapan metode penyesuaian dan keteladanan mutlak dibutuhkan seperti: tad±rus al-Qur’an, doa sebelum pembelajaran dimulai, Salat Duha, Salat Zuhur berjamaah, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), zikir bersama, outbound Islami, dan lain-lain.
Daftar Isi Buku PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa
Daftar Isi Pelajaran pada buku ini:
- Pelajaran 1 Indahnya Saling Menghormati
- Pelajaran 2 Ketika Bumi Berhenti Berputar
- Pelajaran 3 Indahnya Nama-Nama Allah Swt.
- Pelajaran 4 Ayo Membayar Zakat
- Pelajaran 5 Keteladanan Rasulullah saw. dan Sahabatnya
- Pelajaran 6 Indahnya Saling Membantu
- Pelajaran 7 Menerima Qada’ dan Qadar
- Pelajaran 8 Senangnya Berakhlak Terpuji
- Pelajaran 9 Ayo Berinfak dan Bersedekah
- Pelajaran 10 Senangnya Meneladani Para Nabi dan Ashabul Kahfi
- Kompetensi Inti (KI)
- Kompetensi Dasar (KD)
- Tujuan Pembelajaran
- Proses Pembelajaran
- Penilaian
- Pengayaan
- Remedial
- Interaksi Guru dan Orang Tua
Petunjuk Penggunan Buku Guru PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, tahapan berikut sangatlah penting diperhatikan oleh guru.
- Bacalah bab pendahuluan untuk memahami konsep utuh Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, serta memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kerangka Kurikulum 2013.
- Setiap pelajaran berisi kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, interaksi guru dengan orang tua.
- Pada sub pelajaran tertentu, penomoran kompetensi inti dan kompetensi dasar tidak berurutan. Hal itu menyesuaikan dengan tahap pencapaian kompetensi dasar.
- Guru perlu mendorong penerima didik untuk memerhatikan kolom-kolom atau rubrik yang terdapat dalam Buku Siswa, sehingga perhatian penerima didik menjadi fokus. Kolom-kolom tersebut adalah: Kegiatan berisi acara yang harus penerima didik lakukan untuk memahami materi. Tugas berisi latihan bagi penerima didik untuk menuntaskan kiprah tertentu baik berupa hafalan atau menuntaskan soal. Sikap Kebiasaanku, sebagai motivasi semoga penerima didik mau menerapkan atau mengimplementasikan nilai-nilai aksara sebagai dampak pengiring dari proses pembelajaran yang dialaminya. Ayo, Berlatih untuk mengukur penguasaan penerima didik terhadap materi yang dibahas.
- Berdasarkan Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 wacana Standar Penilaian Pendidikan, untuk kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan sanggup dijelaskan sebagai berikut: Untuk kompetensi sikap, evaluasi terdiri atas evaluasi utama dan penunjang. Penilaian utama sanggup diperoleh dari observasi harian yang ditulis di dalam jurnal harian. Penilaian penunjang diperoleh dari evaluasi diri dan antar teman, jadinya sanggup dijadikan alat konfirmasi dari hasil penialian sikap oleh pendidik. Teknik evaluasi yang dipakai yakni observasi melalui wawancara, catatan anekdot (anecdotal record), dan catatan kejadian tertentu (incidental record) sebagai unsur evaluasi utama.
Download Buku PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:Buku Guru PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Download File:
Buku Guru PAI dan Budi Pekerti SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 .pdf
Buku Siswa PAI dan Budi Pekerti SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 .pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku PAI SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk Guru dan Siswa. Semoga bisa bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Buku Pai Sd Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Untuk Guru Dan Siswa"