Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Guru Dan Buku Siswa Kelas Iv (4) Sd-Mi Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Berikut ini yakni berkas Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV (4) SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Download file format PDF.

 Berikut ini yakni berkas Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV  Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV (4) SD-MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV (4) SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV (4) SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV (4) SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini silahkan lihat file preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

Buku Guru  Kelas IV (4) SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Download File:

Buku Guru Kelas IV (4) SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017:
Buku Guru Kelas IV (4) SD/MI Tema 1 Indahnya Kebersamaan.pdf
Buku Guru Kelas IV (4) SD/MI Tema 2 Selalu Berhemat Energi.pdf
Buku Guru Kelas IV (4) SD/MI Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup.pdf
Buku Guru Kelas IV (4) SD/MI Tema 4 Berbagai Pekerjaan.pdf
Buku Guru Kelas IV (4) SD/MI Tema 5 Pahlawanku.pdf


Buku Siswa Kelas IV (4) SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017:
Buku Siswa Kelas IV (4) SD/MI Tema 1 Indahnya Kebersamaan.pdf
Buku Siswa Kelas IV (4) SD/MI Tema 2 Selalu Berhemat Energi.pdf
Buku Siswa Kelas IV (4) SD/MI Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup.pdf
Buku Siswa Kelas IV (4) SD/MI Tema 4 Berbagai Pekerjaan.pdf
Buku Siswa Kelas IV (4) SD/MI Tema 5 Pahlawanku.pdf


Keterangan:
Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV (4) SD-MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini terdiri dari:

Buku Guru Kelas IV (4) SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
  • Buku Guru Tema 1 Indahnya Kebersamaan
  • Buku Guru Tema 2 Berhemat Energi
  • Buku Guru Tema 3 Peduli Makhluk Hidup
  • Buku Guru Tema 4 Berbagai Pekerjaan
  • Buku Guru Tema 5 Pahlawanku

Buku Siswa SD/MI Kelas IV (4) Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2017
  • Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017
  • Buku Siswa Tema 1 Indahnya Kebersamaan
  • Buku Siswa Tema 2 Berhemat Energi
  • Buku Siswa Tema 3 Peduli Makhluk Hidup
  • Buku Siswa Tema 4 Berbagai Pekerjaan
  • Buku Siswa Tema 5 Pahlawanku

Tentang Buku Guru
Buku ini disusun biar guru menerima citra yang terang dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Adapun buku ini berisi sebagai berikut.
  1. Jaringan tema yang memberi citra kepada guru wacana suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari aneka macam mata pelajaran.
  2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  3. Pengalaman mencar ilmu yang bermakna untuk membangun sikap dan sikap positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menuntaskan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  4. Berbagai teknik evaluasi penerima didik.
  5. Informasi yang menjadi pola kegiatan remedial dan pengayaan.
  6. Kegiatan interaksi guru dan orang renta yang memperlihatkan kesempatan kepada orang renta untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan mencar ilmu penerima didik di rumah.
  7. Petunjuk penggunaan buku penerima didik.

Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk berbagi kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) penerima didik melalui acara yang bervariasi sebagai berikut.
  1. Membuka pelajaran yang menarik perhatian penerima didik menyerupai membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memperlihatkan masalah, dan sebagainya.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga penerima didik sanggup mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Memantik pengetahuan penerima didik yang diperoleh sebelumnya biar penerima didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
  4. Pemberian kiprah yang sedikit demi sedikit guna membantu penerima didik memahami konsep.
  5. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
  6. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman penerima didik.

Ketika pembelajaran Matematika dan PJOK dalam buku tematik terpadu kelas IV SD terkait dengan mata pelajaran lainnya (tanda biru) maka guru tetap memakai buku ini. Namun, ketika Matematika dan PJOK tidak terkait dengan mata pelajaran lainnya (tanda merah) guru memakai buku Matematika dan PJOK yang telah ditetapkan kelayakan penggunaannya di sekolah berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Bagaimana Menggunakan Buku Guru?
Buku Panduan Guru mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku penerima didik dan sebagai pola kegiatan pembelajaran di kelas.

Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
  2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
  3. Upayakan untuk meliputi Kompetensi Inti (KI)-I dan KI-II dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melaksanakan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan sikap positif.
  4. Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI)-I dan KI-II dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
  5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berafiliasi dengan buku penerima didik sesuai dengan halaman yang dimaksud.
  6. Kembangkan ide-ide kreatif dalam menentukan metode pembelajaran. Temukan juga kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya, penerima didik tidak bisa mengamati tanaman di luar kelas pada ketika hujan).
  7. Beragam seni administrasi pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya penerima didik bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, dan menggambar), selain melibatkan penerima didik secara langsung, diharapkan melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
  8. Guru diharapkan mengembangkan: a. metode pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM), b. keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, c. keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan d. keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
  9. Gunakanlah media atau sumber mencar ilmu alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.
  10. Pada semester I terdapat 5 tema. Setiap tema terdiri atas 3 subtema. Masing-masing subtema diuraikan menjadi 6 pembelajaran. Setiap pembelajaran diharapkan selesai dalam 1 hari.
  11. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu 
  12. Aktivitas ahad ke-4 berupa aneka macam kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1–3. Berbeda dengan subtema 1–3, kegiatan ahad ke-4 diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkat tinggi. Kegiatan dirancang untuk membuka kesempatan bertanya dan menggali informasi yang bersahabat dengan keseharian penerima didik.
  13. Perkiraan alokasi waktu sanggup merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu berdasarkan mata pelajaran hanyalah petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik-terpadu.
  14. Buku penerima didik dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi.
  15. Hasil karya penerima didik dan bukti penilaiannya sanggup dimasukkan ke dalam portofolio penerima didik. 
  16. Sebagai upaya perbaikan diri, buatlah catatan refleksi sehabis satu subtema selesai. Misalnya faktor-faktor yang menimbulkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.
  17. Libatkan semua penerima didik tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap penerima didik cerdas dalam keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman wacana kecerdasan majemuk, gaya mencar ilmu penerima didik serta bermacam-macam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan mencar ilmu penerima didik, sangat dibutuhkan.
  18. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, dibutuhkan kesepakatan guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).

Kerja Sama dengan Orang Tua
Secara khusus, di setiap simpulan sub tema Buku siswa, terdapat lembar untuk orang renta yang berjudul ‘Kerja sama dengan Orang tua’. Halaman ini berisi materi yang akan dipelajari, acara mencar ilmu yang dilakukan anak bersama orang renta di rumah, serta saran biar anak dan orang renta bisa mencar ilmu dari lingkungan. Orang renta diharapkan berdiskusi dan terlibat dengan acara mencar ilmu anak. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara penerima didik dan orang renta dicantumkan juga pada simpulan setiap pembelajaran. Guru diharapkan membangun komunikasi dengan orang renta sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang renta dan penerima didik di rumah.

Kompetensi Inti Kelas IV
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai pedoman agama yang dianutnya.
  2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV (4) SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Buku Guru Dan Buku Siswa Kelas Iv (4) Sd-Mi Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017"