Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Manual (Panduan) Pendataan Calon Penerima Un 2019 Smp Mts Smptk

Berikut ini yaitu berkas Buku Manual (Panduan) Pendataan Calon Peserta UN 2019 Sekolah Menengah Pertama MTs SMPTK. Download file format PDF. Diterbitkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 Diterbitkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Buku Manual (Panduan) Pendataan Calon Peserta UN 2019 Sekolah Menengah Pertama MTs SMPTK
Buku Manual (Panduan) Pendataan Calon Peserta UN 2019 Sekolah Menengah Pertama MTs SMPTK

Silahkan lihat:
Juknis Pendataan Calon Peserta UN 2019 Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas SMK

Buku Manual (Panduan) Pendataan Calon Peserta UN 2019 Sekolah Menengah Pertama MTs SMPTK

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Manual (Panduan) Pendataan Calon Peserta UN 2019 Sekolah Menengah Pertama MTs SMPTK:

KATA PENGANTAR
Pusat Penilaian Pendidikan membuatkan sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Online 2019 Sekolah Menengah Pertama berawal pada pelaksanaan UN tahun anutan 2016/2017 yang mana dikala itu hanya berfungsi untuk pemeliharaan data siswa saja. Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional pada tahun 2016 dan sebelumnya hanya dijaring oleh panitia tingkat Provinsi dengan memakai agenda secara offline dan waktu deadline yang dipakai terlalu erat dengan pelaksanaan UN.

Sejalan dengan bergeraknya waktu, dan kebutuhan rekap data calon perserta UN yang lebih awal, serta berkembangnya teknologi yang gampang didapat dan digunakan, kami merasa perlu merubah metode pendataan yang biasa di gunakan pada waktu lampau dengan metode online. Karena hal tersebut kami menciptakan “Panduan Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Online 2019” untuk mempermudah penggunaannya.

Panduan ini merupakan adonan dari beberapa modul Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Online 2019, yang khusus membahas pendataan calon akseptor secara online.

Diharapkan “Panduan Penggunaan Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Online 2019” ini sanggup bermanfaat sebagai pegangan atau acuan bagi tenaga-tenaga teknis komputerisasi UN di seluruh Indonesia untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam mengoperasikan agenda yang dibuat.

Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR

PENDAHULUAN
Spesifikasi Komputer
Spesisikasi Aplikasi
Situs Web Entry Data
Auto Log Out
Download File

PENGGUNAAN MODUL
Identifikasi User
Login ke Dalam Sistem
Informasi Pengguna
Data Master
Kota/Kabupaten
Sekolah
Hak Akses
Kota/Kabupaten
Sekolah
Biodata Siswa
Edit Biodata
Edit Per Field
Download
Upload File
Report
Edit Account
Log Out Dari Sistem

PENDAHULUAN
Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Online 2019 Sekolah Menengah Pertama merupakan suatu sistem terpadu dalam mendata calon akseptor ujian nasional khusus tingkat Sekolah Menengah Pertama yang dilakukan secara bersamaan. Proses pendataan dilakukan secara pribadi di semua propinsi dimana setiap sekolah di setiap tempat sanggup secara pribadi melaksanakan proses input/edit ataupun upload data siswanya ke dalam sistem.

Selanjutnya yang harus dilakukan pihak sekolah yaitu melaksanakan proses pengentrian data siswa ke dalam sistem yang dilakukan oleh seksi pengolahan data dalam hal ini disebut sebagai operator. Dimana di setiap sekolah harus disediakan suatu Komputer yang terhubung secara pribadi ke Server Pendataan Online melalui internet untuk melaksanakan proses pengentryan data tersebut melalui situs web khusus (situs operator). Setiap operator di sekolah akan diberikan suatu account khusus (User Name dan Password) yang dipakai untuk login ke dalam sistem.

SPESIFIKASI

1. SPESIFIKASI KOMPUTER
Pada modul ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi komputer yang akan dipakai untuk melaksanakan proses pengentrian ke dalam sistem Pendataan online. Dimana spesifikasi tersebut akan dibagi menjadi 2 yaitu sepesifikasi perangkat keras (Hardware) dan spesifikasi perangkat lunak (Software). Untuk perangkat keras sebaiknya komputer yang dipakai tidak akan terasa lambat dalam menjalankan aplikasi atau pun menampilkan informasi dari internet, bebas virus atau pun gangguan lainnya yag disebabkan oleh perangkat keras ataupun sistem operasinya. Dibawah ini akan ditampilkan rekomendasi hardware dan software yang sebaiknya dipakai dalam proses pendataan Online.

1.1 Perangkat Keras
Sebaiknya memakai komputer dengan spesifikasi minimum:
Prosesor : Pentium Core 2 dan diatasnya (atau AMD)
Memori : 2 GB
Adapter : VGA 64 Bit (512 Mb) dengan resolusi 1024 x 800
Printer : Laser jet / Deskjet (printer tinta atau laser)

1.2 Perangkat Lunak
Dalam hal ini lebih menunjuk ke dalam sistem operasi (OS) yang dipakai minimum Windows 7, Windows 8, Windows 10

2 SPESIFIKASI APLIKASI
Pada modul ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi aplikasi yang harus tersedia atau terinstall di dalam komputer user yang berafiliasi dengan proses pengentryan data.

2.1 Browser Internet
Merupakan suatu aplikasi yang dipakai untuk menampilkan halaman-halaman web yang berafiliasi dengan proses pengentrian data, pengolahan atau pengeditan data. Browser ini sangat dibutuhkan lantaran modul-modul dalam sistem Pendataan Calon Peserta UN online yaitu berupa halaman web yang diletakkan pada situs World Wide Web (www). Sehingga memungkinkan user melaksanakan proses entry pendaftaran siswa melalui jaringan internet tanpa harus memakai aplikasi khusus.

Detail spesifikasi browser yang disarankan adalah:
Nama Browser : Google Chrome / Mozilla Firefox
Produksi : Google / Mozilla

2.2 Microsoft Excel
Merupakan suatu aplikasi keluaran Microsoft Corporation yang dipakai untuk menampilkan informasi dalam bentuk spreadsheet. Aplikasi ini dibutuhkan untuk mendukung sistem Pendataan Calon Peserta UN Online lantaran Laporan yang dihasilkan ada dalam bentuk xls (entension dari microsoft excel). Sehingga dengan pertolongan atau fitur-fitur yang tersedia di microsoft excel memungkinkan Anda untuk mempercantik bentuk tampilan laporan sebelum Anda mencetaknya.

Detail spesifikasi minimum yang diminta yaitu :
Nama : Microsoft Excel versi 2007 atau diatasnya
Produksi : Microsoft

3. SITUS WEB ENTRY DATA
Situs Pendataan Calon Peserta UN merupakan situs khusus yang dipakai oleh operator untuk melaksanakan proses pengentrian data siswa. Dimana di dalam situs operator ini dibutuhkan suatu account khusus yang diberikan untuk login ke dalam sistem dengan perlindungan khusus.

Sistem login ini akan menetukan otorisasi atau hak susukan dari masing-masing operator Provinsi/Kabupaten/Kota/Sekolah mengenai modul-modul yang boleh diakses oleh operator sesuai dengan ketentuan yang diberikan. Dan juga dipakai untuk mengidentifikasi operator tersebut.

4. AUTO LOG OUT
Pada sistem ini terdapat kemudahan auto log out. Maksudnya yaitu bila dalam periode tertentu Anda tidak melaksanakan aktifitas apa pun terhadap sistem maka sistem secara otomatis akan log out atau kembali ke form login. Sehingga bila Anda harus memasukkan kembali account Anda untuk masuk ke dalam Sistem yang sudah log out.

5. DOWNLOAD FILE
Pada sistem Pendataan Online terdapat mekanisme perolehan file data laporan dari sistem mengenai daftar siswa atau statistik yang sanggup anda download dari server Pendataan Online ke dalam terminal komputer Anda. Dimana ketika Anda mendownload file Anda akan menjumpai kotak obrolan download file yang muncul di halaman situs web yang sedang aktif. Dibawah ini merupakan pilihan respons dari kotak obrolan download file yaitu:

Open
Menyatakan bahwa Anda akan membuka file tersebut dengan agenda yang telah terregistrasi dengan format file yang akan Anda Download.

Save
Menyatakan bahwa Anda akan menyimpan file tersebut ke dalam komputer Anda / ke dalam media penyimpanan yang telah ditentukan untuk dibuka di suatu waktu. Disarankan Anda menyimpan file tersebut dengan menambah nama file yang sudah diberikan otomatis dengan menambah tanggal waktu download semoga gampang dikenali, contohnya Anda akan mendownload file biodata siswa tanggal 12-11-2019 disarankan memakai nama file “BIO0101_12112019.zip”

Cancel
Menyatakan bahwa Anda akan melaksanakan proses penghapusan download file dari server Pendataan Online ke terminal komputer Anda / media tempat penyimpanan lain .

PENGGUNAAN MODUL
Identifikasi User
Sistem Pendataan Calon Peserta UN online ini telah dilengkapi dengan mekanisme keamanan data sehingga hanya user yang mempunyai otorisasi saja yang sanggup mengakses atau melaksanakan poses pengentryan data pendataan siswa. Dalam hal ini yang dimaksud dengan user yaitu operator masing- masing Provinsi/Kabupaten/Kota/Sekolah. Setiap user akan mempunyai user name dan password yang bersifat unik yang dipakai untuk login ke dalam sistem pada dikala akan melaksanakan proses pengentryan data. Identitas masing-masing user telah terekam di dalam Database server online sehingga pada dikala user login akan otomatis teridentifikasi nama operator yang melaksanakan login ke dalam sistem.

Melalui sistem ini setiap operator Provinsi/Kabupaten/Kota/Sekolah diberikan hak untuk menentukan/mengganti password sendiri yang nantinya dipakai untuk login ke dalam sistem pada dikala akan mengentry data siswa.

1. LOGIN KE DALAM SISTEM

Tampilan Form Login
Pertama-tama yang harus Anda lakukan sebelum melaksanakan proses pengentryan data siswa yaitu melaksanakan login ke dalam sistem. Untuk login ini Anda harus mengetahui username dan password yang telah diberikan.

Prosedur Login, yaitu :
Langkah 1 : Pada dikala pertama kali dibuka maka Anda akan berada di halaman web form login
Langkah 2 : Masukkan Username pada kolom User Name dan password pada kolom Password
Langkah 3 : Masukkan arahan Captcha sesuai dengan yang muncul di layar pada kolom Security Code
Langkah 4 : Klik tombol Login. Bila muncul pesan kesalahan berarti Anda salah memasukkan User Name atau Password, Anda harus mengulangi pengisiannya
Langkah 5 : Selanjutnya bila telah berhasil login Anda akan di bawa ke modul Utama Sistem yang berisi Informasi pengguna yang sesuai dengan profil Anda.

Note:
Mohon diperhatikan bahwa ketika Anda telah login ke dalam sistem dan berada pada modul utama, jangan hingga Anda menekan tombol Back dan Refresh yang terdapat pada sajian browser Internet Explorer. Hal ini akan menjadikan Anda terlempar ke luar dari sistem, sehingga menjadikan perubahan data yang telah Anda lakukan tidak akan masuk ke dalam Database. Untuk kembali ke dalam sistem Anda harus melaksanakan mekanisme login di dalam form login.

2. INFORMASI PENGGUNA
Setelah Anda login ke dalam sistem maka Anda akan berada di dalam modul utama dari sistem online ini yang akan menampilkan informasi pengguna yang sedang login. Dimana Anda sanggup melihat nama dan unit kerja Anda apakah sesuai atau tidak dengan User ID Anda bila tidak sesuai mohon laporkan kasus ini pada Panitia Pendataan Calon Peserta UN Online sentra di Puspendik.

Modul yang sanggup ditangani oleh operator provinsi akan otomatis muncul sesuai dengan hak susukan yang telah ditentukan. Misal bila user tidak mempunyai hak susukan untuk menginput siswa maka sajian tersebut tidak akan muncul.

Note:
Setelah Anda login ke dalam sistem dan berada pada modul utama, sebaiknya anda melengkapi data identitas pada sajian “EDIT ACCOUNT”. Hal ini mengetahui informasi lengkap dari user.

Data Master
Pada modul data master ini terdapat tiga sub sajian lagi yaitu sajian Master Propinsi, Master Kota/Kabupaten dan Master Sekolah. Modul – modul ini dipakai untuk melaksanakan setup (tambah, edit dan hapus) terhadap data- data master propinsi, kota/kabupaten dan juga sekolah yang akan dipakai di dalam system. User Provinsi/Kota/Kabupaten/Sekolah sanggup melengkapi data-data yang diperlukan. User sentra yang sanggup melaksanakan proses penambahan dan penghapusan data master sedangkan user propinsi, kabupaten/kota dan sekolah tidak diberikan susukan terhadap modul ini.

Untuk lebih jelasnya mengenai Modul ini akan dijelaskan di bawah ini.

1. KOTA KABUPATEN
Modul ini dipakai untuk melaksanakan setup terhadap data master Kota/Kabupaten.

Prosedur Edit Data Kota Kabupaten, adalah:
Langkah 1 : Pilih Kota Kabupaten yang akan Anda edit di grid
Langkah 2 : Klik Command Edit (gambar pencil) yang ada pada grid kolom paling kiri
Langkah 3 : Lakukan proses editing menyerupai ganti nama dinas dan lain sebagainya
Langkah 4 : Klik tombol simpan untuk menyimpan data perubahan ke dalam database

Untuk proses delete langkahnya tinggal pilih Kota Kabupaten yang akan dihapus kemudian klik command delete yang ada di kolom paling kanan di grid .

2. SEKOLAH
Pada dasarnya proses untuk setup master sekolah tidak jauh berbeda dengan proses master Kota/Kabupaten sehingga tidak akan dijelaskan secara lebih rinci.

Tingkatan : Tingkatan sekolah default SMP/MTs
Propinsi : Propinsi default Login user
Kota/Kab : Pilih kota/kab yang akan di tampilkan
Status : Pilih status sekolah yang akan di tampilkan (Negeri/Swasta/ ALL)
Jenis Sekolah : Centang jenis sekolah yang akan di tampilkan (SMP/MTs/SMP Terbuka/SMPLB)

Hak Akses
Hak susukan ini merupakan modul untuk melaksanakan setup hak susukan ataupun melaksanakan reset password terhadap user kota/kabupaten dan sekolah di dalam system. Dimana modul hak susukan ini merupakan modul yang berjenjang. Misalnya User propinsi sanggup menentukan hak susukan dan juga mereset password terhadap kota/kabupaten dan juga sekolah yang berada di propinsinya, dan kota/kabupaten pun sanggup menentukan hak susukan dan juga mereset password terhadap sekolah-sekolah yang berada di kota/ kabupatennya. Sedangkan yang menentukan hak susukan propinsi yaitu user pusat.

Di dalam hak susukan ini user dengan jenjang lebih tinggi sanggup menentukan hak susukan dari user yang berada di bawahnya apakah hanya view saja atau pun full akses. Tetapi untuk mengubah user hak aksesnya menjadi full maka user yang akan diubah hak aksesnya tersebut harus melaksanakan proses ganti password terlebih dahulu.

1. KOTA/KABUPATEN
Prosedur ini hanya sanggup dilakukan oleh user Provinsi
Langkah 1 : Pilih Menu Hak Akses, kemudian pilih Kota/Kabupaten
Langkah 2 : Pilih Kota/Kabupaten atau nama user komplemen yang akan Anda ubah hak aksesnya
Langkah 3 : Selanjutnya bila Anda akan mengubah hak susukan pilih hak aksesnya apakah Rayon (Full) atau Rayon (View).
Langkah 4 : Klik Tombol Update untuk mengubah hak aksesnya.
Langkah 5 : Jika Anda akan mereset password dari username Kota/Kabupaten yang telah Anda pilih klik tombol Reset Password. (Reset password akan mengembalikan password ke kondisi default password awal)

2. SEKOLAH
Default untuk hak susukan sekolah hanya View yang mana hanya diberikan hak untuk mengakses beberapa sajian saja, Bila sekolah hendak diberikan hak Akses yang Full maka sekolah tersebut harus mengganti password awal yang diberikan. Dan User Prov atau Rayon sanggup merubah Hak aksesnya. Hal ini harus dicermati secara teliti semoga tidak terjadi kesalahan.

Biodata Siswa
Pada sajian biodata siswa ini terdapat empat sub sajian yaitu Entri Nopes UASBN, Entri Siswa tambahan, Edit biodata, dan Edit Per Field.

1. EDIT BIODATA
Edit biodata ini dipakai untuk mengedit biodata siswa yang telah terinput di suatu sekolah. Dimana sesudah kita input siswa pada proses Entri Nopes UASBN langkah selanjutnya yang harus kita lakukan yaitu melaksanakan proses edit terhadap siswa tersebut menyerupai mengupdate nama orang tua, hobi, transportasi, jarak pekerjaan ortu dan lain sebagainya

Prosedur Edit Biodata, adalah:
Langkah 1 : Pilih Biodata Siswa, kemudian pilih Edit biodata
Langkah 2 : Pilih siswa yang akan Anda Edit kemudian klik Command edit yang ada di grid kolom paling kiri (gambar pencil)
Langkah 3 : lakukan proses editing menyerupai isi nama ortu, alamat, dan lain sebagainya
Langkah 4 : Klik tombol simpan bila telah simpulan

2. EDIT PER FIELD
Edit Per Field ini dipakai untuk mengedit data-data siswa yang telah terinput di suatu sekolah secara global perfield misal bila disuatu sekolah terdapat 200 siswa dan kita akan mengedit NISN dari 200 siswa tersebut maka modul ini sanggup dipakai dengan menentukan field NISN kemudian klik edit maka seluruh siswa sanggup pribadi diedit no induknya secara bersamaan.

Prosedur Edit Per Field, adalah:
Langkah 1 : Pilih Biodata Siswa, kemudian pilih Edit Per Field
Langkah 2 : Masukkan kelas yang akan Anda Edit Fieldnya (kosongkan bila Anda menentukan semua kelas).
Langkah 3 : Pilih field yang akan Anda Edit
Langkah 4 : Klik tombol Edit
Langkah 5 : Lakukan proses editing
Langkah 6 : Klik Tombol Simpan

Note: Jika Anda akan mengedit No Absen maka kelas harus diisi.

DOWNLOAD
Download ini merupakan suatu modul yang dipakai untuk mendowload data kota/kabupaten ataupun siswa ke dalam format DBF yang nantinya akan dipakai untuk mengupdate database pada agenda biodata offline. Makara bila operator akan melaksanakan proses edit misal data sekolah atau kota/kabupaten maka sekolah tersebut harus melaksanakan proses edit di system online kemudian mendownload data tersebut kemudian gantikan file ke data base di agenda offlinenya. Menu Download ini terbagi menjadi tiga submenu yaitu download Kota/Kabupaten, Download Sekolah dan Download Siswa.

    Download Buku Manual (Panduan) Pendataan Calon Peserta UN 2019 Sekolah Menengah Pertama MTs SMPTK

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Manual (Panduan) Pendataan Calon Peserta UN 2019 Sekolah Menengah Pertama MTs SMPTK ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Buku Manual (Panduan) Pendataan Calon Peserta UN 2019 Sekolah Menengah Pertama MTs SMPTK



    Download File:
    Buku Manual Online Pendataan Calon Peserta UN SMP-MTs-SMTK 2019 - Final.pdf
    Sumber: https://litbang.kemdikbud.go.id

    Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Manual (Panduan) Pendataan Calon Peserta UN 2019 Sekolah Menengah Pertama MTs SMPTK. Semoga sanggup bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Manual (Panduan) Pendataan Calon Penerima Un 2019 Smp Mts Smptk"