Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemdikbud: Tumbuhkan Gairah Membaca Dengan Optimalkan Fungsi Perpustakaan

Berikut ini yakni warta dari Kemdikbud: Tumbuhkan Gairah Membaca dengan Optimalkan Fungsi Perpustakaan.

 Berikut ini yakni warta dari Kemdikbud Kemdikbud: Tumbuhkan Gairah Membaca dengan Optimalkan Fungsi Perpustakaan
Kemdikbud: Tumbuhkan Gairah Membaca dengan Optimalkan Fungsi Perpustakaan


Kemdikbud: Tumbuhkan Gairah Membaca dengan Optimalkan Fungsi Perpustakaan

Denpasar, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mewakili Wapres Jusuf Kalla membuka Rapat Koordinator Perpustakaan Nasional (Rakor Perpusnas) di Denpasar, Bali, Selasa (21/3/2017). Dalam sambutannya Mendikbud mengajak Perpusnas untuk meningkatkan gairah membaca masyarakat Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Perpusnas akan bantu-membantu mendorong gerakan literasi di semua lini untuk menggairahkan kegemaran membaca, khususnya bagi generasi muda.

“Salah satu cara menjaga peradaban bangsa yakni dengan memanfaatkan perpustakaan. Perpustakaan akan bermanfaat jikalau ada acara literasi di dalamnya, salah satunya acara membaca,” ujar Mendikbud di Denpasar, Bali, Selasa (21/3/2017).

Ia juga mengapresiasi tema yang diangkat dalam Rakor Perpusnas tahun 2017, yaitu “Meningkatkan Kegemaran Membaca dan Pemanfaatan Perpustakaan untuk Membangun SDM Indonesia yang Berkualitas”. Mendikbud menuturkan, tema tersebut sangat anggun dan relevan dengan harapan bersama, khususnya Kemendikbud, untuk terus menggairahkan kegemaran membaca masyarakat Indonesia.

Sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran, dibutuhkan perpustakaan tidak hanya hadir di kawasan perkotaan, melainkan juga dapat hadir di desa-desa dan kawasan pinggiran. “Kemendikbud juga akan mencetak buku-buku bacaan untuk perpustakaan desa dan perpustakaan sekolah di kawasan pinggiran. Semoga Perpusnas, perpustakaan daerah, perpustakaan sekolah, dan perpustakaan desa dapat meningkatkan gairah membaca masyarakat,” kata Mendikbud.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu juga mengatakan, Rakornas Perpusnas dibutuhkan dapat menjadi ajang untuk menyatukan cara pandang semua pelaku perpustakaan dan memantapkan kekompakan secara massif dan nasional untuk mengoptimalkan fungsi keberadaan perpustakaan di seluruh Indonesia.

Rakornas Perpusnas dihadiri sekitar 600 penerima yang terdiri dari kepala perpustakaan provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia. Selain itu, hadir juga perwakilan dari Kemendikbud, Kementerian Dalam Negeri, dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengatakan, Rakornas Perpusnas menjadi jadwal penting alasannya yakni perpustakaan telah menjadi salah satu jadwal prioritas pembangunan nasional. “Jadi dilarang lagi dipandang sebelah mata. Perpustakaan harus jadi perhatian semua pihak,” ujarnya. (Desliana Maulipaksi).


Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai warta dari Kemdikbud: Tumbuhkan Gairah Membaca dengan Optimalkan Fungsi Perpustakaan. Semoga dapat bermanfaat.

Lihat juga warta dan berkas lainnya terkait dengan Perpustakaan Sekolah/Madrasah:


Posting Komentar untuk "Kemdikbud: Tumbuhkan Gairah Membaca Dengan Optimalkan Fungsi Perpustakaan"