Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juklak Dan Silabus Osn Olimpiade Sains Nasional Smp Tahun 2017

Berikut ini ialah berkas Petujuk Pelaksanaan (Juklak), Jadwal dan Silabus OSN (Olimpiade Sains Nasional) Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017. Download file dalam format PDF. Berkas ini ditujukan sebagai rujukan untuk Guru, Kepala Sekolah dan lain-lain di SMP, MTs dan sederajat.

 Berikut ini ialah berkas Petujuk Pelaksanaan  Juklak dan Silabus OSN Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017
Petunjuk Pelaksanaan dan Silabus OSN Sekolah Menengah Pertama 2017

Petunjuk Pelaksanaan dan Silabus OSN Sekolah Menengah Pertama 2017

Berikut ini kutipan keterangan dari Juklak OSN Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017:

Dalam upaya peningkatan mutu sumberdaya insan Indonesia biar bisa bersaing pada percaturan regional dan internasional, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional dan banyak sekali peraturan turunannya, merupakan indikasi yang sangat faktual upaya Pemerintah Indonesia dalam peningkatan mutu sumberdaya insan biar bisa bersaing dalam kala keterbukaan dan globalisasi. Salah satu implikasi yang menempel pada Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang merupakan realisasi dari peraturan-peraturan perundangan tersebut sanggup diukur dari Angka Partisipasi Kasar (APK) SMP/MTs/Sederajat pada tahun fatwa 2016/2017 mencapai 101,05%. Dengan pencapaian APK di atas, maka orientasi training pendidikan pada jenjang Sekolah Menengah Pertama lebih ditekankan pada peningkatan mutu pendidikan. Untuk itu, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama telah menyusun banyak sekali kebijakan dan taktik yang kemudian dijabarkan dalam bentuk kegiatan dan kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu dan terkoordinasi. Kebijakan dan kegiatan tersebut, dibutuhkan sanggup menunjang misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, baik terkait dengan ekspansi jalan masuk pendidikan, mutu dan daya saing, maupun tata kelola penyelenggaraan pendidikan. Agar kegiatan dan/atau kegiatan tersebut sanggup mencapai sasaran yang telah ditetapkan, sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang ada, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama menerbitkan banyak sekali Buku Petunjuk Pelaksanaan untuk masing-masing kegiatan dan/atau kegiatan, baik yang pengelolaannya dilaksanakan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, maupun yang eksklusif dikelola oleh sekolah. Diharapkan pihak-pihak terkait dengan penyelenggaraan kegiatan di semua tingkatan sanggup memahami dan melakukan dengan amanah, efektif dan efisien seluruh proses kegiatan mulai dari penyiapan rencana, pelaksanaan, hingga dengan monitoring, penilaian dan pelaporannya.

Latar Belakang
Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan kegiatan lomba bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang diselenggarakan dalam rangka penuntasan wajib berguru yang bermutu. Olimpiade Sains Nasional bertujuan memotivasi dan menumbuhkembangkan atmosfir kompetisi yang sehat serta mendorong sekolah berperan memfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan akademis dalam bidang Matematika, IPA dan IPS. Diharapkan melalui olimpiade ini sanggup menstimulus peningkatan mutu pendidikan dan menghasilkan hibrida yang sanggup berkompetisi pada olimpiade internasional. Kegiataan OSN dilaksanakan semenjak tahun 2003. Pada periode 2003 hingga dengan 2009 bidang yang dilombakan terdiri dari Matematika, Biologi, dan Fisika. Pada tahun 2010, IPS dimasukkan ke dalam bidang yang dilombakan, sehingga semenjak tahun itu bidang lomba menjadi 4 bidang lomba. Kemudian pada tahun 2015 bidang Biologi dan Fisika digabung menjadi satu bidang yaitu bidang IPA. Beberapa prestasi yang telah diraih peraih medali OSN bidang IPA yakni dibuktikan dengan keberhasilan siswa meraih medali pada ajang International Junior Science Olympiad (IJSO). Sedangkan di bidang matematika para peraih medali diberi kesempatan untuk meningkatkan prestasi pada International Mathematics Competation (IMC) dengan membawa medali untuk Indonesia. Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan OSN supaya terealisasi secara baik, disusun petunjuk pelaksanaan ini, sebagai rujukan bagi panitia pelaksana kegiatan tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat nasional. Diharapkan dengan adanya petunjuk pelaksanaan ini penyelenggaraan OSN sanggup terselenggara secara baik.

Manfaat
Kegiatan O S N merupakan salah satu wahana bagi siswa yang sanggup menumbuhkembangkan semangat kompetisi akademik dan mendorong keberanian bersaing secara sehat, sekaligus untuk meningkatkan kemampuan akademik dalam bidang Matematika, IPA dan IPS dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Dasar Hukum
Dasar Hukum pelaksanaan LPSN tahun 2017 adalah:
  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 perihal Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 perihal Standar Nasional Pendidikan.
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 perihal Pendanaan Pendidikan.
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 perihal Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 perihal Pembinaan Kesiswaan.
  6. Peraturan Meteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 perihal Penumbuhan Budi Pekerti.
  7. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 0422/MPK.C/PD/2015 perihal Penyelenggaraan Olimpiade, Lomba, dan Festival.
Tujuan
  1. Tujuan Umum; Tujuan umum OSN ialah untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang Matematika, IPA dan IPS yang berasaskan pendidikan karakter.
  2. Tujuan Khusus; a. Memotivasi sekolah biar berperan aktif memfasilitasi siswa guna meningkatkan mutu pembelajaran Matematika, IPA dan IPS. b. Membangkitkan minat siswa untuk menyayangi dan memupuk kegemaran terhadap bidang Matematika, IPA dan IPS. c. Menumbuhkembangkan kemampuan siswa untuk berfikir kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan produktif sebagai bekal dalam kehidupan. d. Menanamkan kesadaran dan keberanian siswa untuk mencoba, berguru menerapkan secara langsung, dan sanggup berprestasi secara optimal. e. Menanamkan sifat kompetitif dan kerjasama yang sehat semenjak dini. f. Memetakan kemampuan siswa dalam bidang Matematika, IPA dan IPS sesuai standar mutu pendidikan secara nasional. g. Mengidentifikasi siswa berprestasi di setiap sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional dalam bidang Matematika, IPA dan IPS. h. Menyeleksi siswa terbaik tingkat nasional pada jenjang SMP, MTS atau yang sederajat untuk diikutsertakan pada perlombaan tingkat internasional. i. Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi dalam bidang Matematika, IPA dan IPS.
Bidang lomba
  1. Matematika
  2. Ilmu Pengetahuan Alam
  3. Ilmu Pengetahuan Sosial
Sasaran
Sasaran kegiatan OSN ialah siswa SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat.

Hasil yang diharapkan
Melalui lomba ini dibutuhkan terjadi peningkatan minat dan prestasi siswa dalam bidang Matematika, IPA dan IPS, serta terpilihnya siswa yang bisa berprestasi pada lomba tingkat nasional dan internasional.

Persyaratan Peserta
Kegiatan OSN tahun 2017 terbuka untuk siswa SMP/MTs negeri dan swasta, atau yang sederajat, berkewarganegaraan Indonesia, dan memenuhi persyaratan sebagai berikut.
  1. Bukan peraih medali emas, perak dan perunggu pada OSN Sekolah Menengah Pertama Tingkat Nasional Tahun sebelumnya.
  2. Terdaftar sebagai siswa SMP, MTs, atau yang sederajat, kelas VII atau kelas VIII pada ketika mengikuti lomba.
  3. Sekurang-kurangnya telah mengikuti proses berguru mengajar selama satu semester di sekolah tersebut, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
  4. Memiliki nilai rapor semenjak semester pertama serendah-rendahnya 75 (tujuh puluh lima) dalam skala 100 (seratus) untuk bidang lomba yang akan diikuti.
  5. Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras, yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah. 
  6. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan dibuktikan surat keterangan kepala sekolah.
  7. Peserta hanya berhak mengikuti satu bidang lomba.

Bentuk Kegiatan dan Materi Lomba
Kegiatan OSN dilaksanakan secara sedikit demi sedikit mulai dari  tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional dengan mekanisme sebagai berikut.
  1. Tingkat sekolah: mekanisme seleksi ditentukan menurut dua pilihan mekanisme seleksi yang telah diatur pada kepingan III buku petunjuk pelaksanaan OSN.
  2. Tingkat kabupaten/kota dan provinsi: seleksi dilakukan melalui tes tertulis.
  3. Tingkat nasional: seleksi dilakukan melalui tes teori untuk Matematika, tes teori dan tes eksperimen untuk IPA serta tes teori dan praktikum untuk IPS.
Tahap Pelaksanaan Lomba
Lomba dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu:
  1. Tahap I : Seleksi / Lomba tingkat sekolah
  2. Tahap II : Lomba tingkat kabupaten/kota
  3. Tahap III : Lomba tingkat provinsi
  4. Tahap IV : Lomba tingkat nasional
Hadiah dan Penghargaan
Hadiah dan penghargaan diberikan kepada penerima lomba sebagai motivasi untuk meningkatkan kegiatan berguru dan kegiatan lainnya di sekolah. Pengaturan hadiah dan penghargaan untuk para pemenang tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah tempat sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing daerah. Para pemenang tingkat nasional diberi hadiah dan penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sedangkan medali yang diperebutkan untuk masing-masing bidang medali yang diperebutkan untuk masing-masing bidang yaitu: 5 emas, 10 perak, dan 15 perunggu. Sedangkan untuk bidang IPA penambahan Trophy (Best theory dan best experiment).

Waktu/Jadwal Pelaksanaan
  • Seleksi/Lomba tingkat sekolah: Februari 2017 Tempat ditentukan Sekolah
  • Lomba tingkatkabupaten/ kota: Maret 2017 Tempat ditentukan oleh Dinas pendidikan
  • Lomba tingkat provinsi: Mei 2017 Tempat ditentukan oleh Dinas pendidikan provinsi dengan berkoordinasi dengan direktorat Pembinaan SMP
  • Lomba tingkat nasional: 02 - 08 Juli 2017 Tempat: Pekan Baru, Provinsi Riau

    Download Juklak dan Silabus OSN Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017

    Selengkapnya mengenai Juklak dan Silabus OSN Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017 ini silahkan lihatdan unduh filenya di bawah ini:

    Juklak dan Silabus OSN Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017



    Download File:

    Petunjuk Pelaksanaan OSN Sekolah Menengah Pertama 2017.pdf
    Silabus OSN Sekolah Menengah Pertama 2017.pdf


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Juklak dan Silabus OSN Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017. Semoga bisa bermanfaat.
    Sumber: Kemdikbud

    Lihat juga:
    Juklak O2SN Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017.pdf
    Petunjuk Pelaksanaan FLS2N Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017.pdf  

    Posting Komentar untuk "Juklak Dan Silabus Osn Olimpiade Sains Nasional Smp Tahun 2017"