Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory Smk

Berikut ini yaitu berkas Buku Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK. Download file format PDF dan .docx Microsoft Word.

 Berikut ini yaitu berkas Buku Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory Sekolah Menengah kejuruan Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK
Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK

Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK

Buku Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory Sekolah Menengah kejuruan ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kemdikbud Tahun 2017.

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Buku Serial Revitalisasi Sekolah Menengah kejuruan Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK:

Pembelajaran teaching factory yaitu suatu konsep pembelajaran di Sekolah Menengah kejuruan berbasis produksi/jasa yang mengacu kepada standar dan mekanisme yang berlaku di industri, dan dilaksanakan dalam suasana menyerupai yang terjadi di industri. Hal ini sesuai karakteristik pendidikan kejuruan menyerupai yang disebutkan Herminarto Sofyan, dkk. yaitu: (1) mempersiapkan penerima didik memasuki lapangan kerja; (2) didasarkan kebutuhan dunia kerja “demand-market-driven”; (3) penguasaan kompetensi yang diharapkan dunia kerja; (4) kesuksesan siswa pada “hands on” atau performa dunia kerja; (5) korelasi erat dengan dunia kerja; (6) responsif dan antisipatif terhadap kemajuan teknologi; (7) learning by doing dan hands on experience; (8) memerlukan biaya investasi dan operasional yang lebih besar dari pendidikan umum.

Konsep teaching factory merupakan menggabungkan berguru dan lingkungan kerja yang realistis dan memunculkan pengalaman berguru yang relevan. “Teaching factory concept as an approach that combines the learning and working environment from which realistic and relevant learning experiences arise” (Nayang Polytechnic, 2003).

Lamancusa, Zayas, Soyster, Morell, dan Jorgensen (2008: 7), mengungkapkan bahwa konsep teaching factory ditemukan alasannya tiga hal, yaitu: (1) Pembelajaran yang biasa saja tidak cukup, (2) Keuntungan penerima didik diperoleh dari pengalaman praktik secara langsung, dan (3) pengalaman pembelajaran berbasis team yang melibatkan siswa, staff pengajar dan partisifasi industri memperkaya proses pendidikan dan memperlihatkan manfaat yang konkret bagi semua pihak.

Paradigma pembelajaran teaching factory didasarkan pada tujuannya yang secara efektif mengintegrasikan acara pendidikan, penelitian dan penemuan ke dalam satu konsep tunggal, yang melibatkan industri dan akademik. Pembelajaran teaching factory berfokus pada integrasi industri dan akademik melalui pendekatan terhadap kurikulum, pengajaran/pelatihan.

Pada buku Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory Sekolah Menengah kejuruan ini antara lain berisi:

Latar Belakang Pelaksanaan Teaching Factory SMK, Dasar Hukum Pelaksanaan Teaching Factory SMK, Pengertian Teaching Factory SMK, Prinsip Dasar Teaching Factory SMK, Komponen-Komponen Utama Implementasi Teaching Factory SMK, Kondisi Ideal Teaching Factory SMK, Aspek-Aspek Penting dalam Konsep Teaching Industry, Arah Implementasi Teaching Factory SMK, Maksud; 1. Sebagai jalan dalam membuat jembatan (interface) antara dunia pendidikan dan industri, 2. Sebagai konsep didaktik untuk pengembangan soft skill, 3. Menyamakan persepsi dalam penerapan teaching factory, 4. Sebagai panduan pendekatan awal penerapan konsep teachin factory, Mempunyai indikator kinerja implementasi teaching factory, Mengklarifikasi persepsi masyarakat perihal teaching factory, Sistematika Teaching Factory SMK, Parameter Teaching Factory SMK, Analisis Pengembangan Teaching Factory SMK, Pilar Utama Operasional Teaching Factory SMK, Monitoring dan Evaluasi. Dilengkapi lampiran-lampiran diantaranya Jobsheet Laboratory, Jobsheet Job Order, Jobsheet Project Work, Idea Product, Contoh Layout Jadwal Blok dan lain-lain.

    Download Buku Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas buku Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory Sekolah Menengah kejuruan ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK


    Download File:

    Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK.pdf
    Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK.docx

    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Serial Revitalisasi Sekolah Menengah kejuruan Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory SMK. Semoga dapat bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory Smk"