Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sepuluh Danau Tertinggi Di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang dilintasi dua sistem pegunungan dunia, sirkum mediterania dan sirkum pasifik, jadi tidak mengherankan kalau Indonesia dikaruniai daratan yang bergelombang, bergunung-gunung, dengan pemandangan yang begitu mengagumkan.

Nah, di antara pegunungan-pegunungan yang menjulang itulah, terdapat keindahan lain berupa danau-danau air tawar yang letaknya begitu tinggi. Berikut ini ada sepuluh danau tertinggi di Indonesia.

1. Danau Habema (3321 m)

Danau Habema, Papua. foto; triptus.com
Berada di tengah lembah yang sangat indah di Pegunungan Trikora, Papua. Danau ini berada di ketinggian 3321 meter di atas permukaan laut. Danau ini sering menjadi tempat peristirahatan bagi para pendaki yang ingin mendaki puncak Trikora. Dengan dikelilingi vegetasi alam pegunungan berupa anggrek dan apabila cuaca cerah anda sanggup melihat gagahnya puncak Trikora.

2. Danau Kumbang (2702 m dpl)

Danau Kumbang, Jambi. Foto: harianjambi.com
Terletak di Gunung Masurai, Jambi. Di kawasan gunung Masurai ini terdapat dua danau yaitu danau Kumbang dan danau Mabok. Dari danau Kumbang kita sanggup melihat keindahan alam hutan hujan Sumatra dan Gagahnya Gunung Kerinci. Di kawasan ini juga mempunyai udara yang sejuk. Bagi wisatawan yang menyukai tantangan alam, objek wisata Gunung Masurai menunjukkan keindahan alam sekaligus sebagai tempat olah raga mendaki gunung.

3. Danau Ranu Kumbolo (2469 m)

Danau Kumbolo, Jatim. Foto: bromotravleguide.com
Terletak di kaki Gunung Semeru, dibanding dengan Ranu Pani dan Ranu Regulo, Danau ini yang paling sering dikunjungi oleh para pendaki yang hendak mendaki puncak Semeru. Danau ini berada di ketinggian 2469 meter di atas permukaan bahari dengan suhu 1-5 derajat Celcius pada malam hari.

4. Danau Ranu Regulo (2256 m)

Danau Kumbolo, Jatim. Foto: lia
Masih di kaki Gunung Semeru, terletak tidak jauh dari Danau Ranu Pani, danau ini berada di ketinggian 2256 meter di atas permukaan laut. Udara yang cukup hambar disertai beberapa burung liar yang hinggap di dahan pohon menambah daya tarik Ranu Regulo. Di danau dengan air jernih ini terdapat sebuah dermaga namun ketika aku di sana tidak terlihat tanda – tanda keberadaan kapal. Selain itu terdapat juga sebuah areal uji coba penanaman bunga Edelweis yang kelak kalau sudah berbunga aku rasa akan menciptakan Ranu Regulo menjadi lebih indah. Danau yang berada di ketinggian 2.150 meter dari permukaan bahari ini juga mempunyai lahan kosong

5. Danau Tage (2192 m dpl)

Danau Tage, Papua. Foto: liburankeluarga.web.id
Teletak di Kabupaten Paniai, 5 km dari Ibukota Painai-Madi, Papua. Untuk menikmati keindahan alamnya anda harus menempuh perjalanan yang cukup menantang, jalur jalan masuk ke danau Tage sanggup memakai pesawat mendarat di kota Enarotali, lalu diteruskan menaiki speedboat ke pelabuhan Wotai selama 30 menit dan perjalanan jalan kaki naik turun gunung selama 30 menit. Hingga jadinya anda sanggup menyaksikan indahnya Danau Tage.

6. Danau Ranu Pani (2162 m dpl)

Danau Ranu Pane, Jatim. Foto: Jejakwisata
Danau Ranu Pani terletak di desa Ranu Pani, kaki gunung Semeru, Jawa Timur. Jika ingin mendaki Gunung Semeru, keindahan danau ini sering menarik hati para pendaki untuk mampir sejenak menikmati keindahan alam.

7. Danau Segara Anak (2010 m dpl)

Danau Segera Anak, Lombok NTB. Foto: hingga
Tersembunyi di dalam kawah besar Gunung Rinjani, Pulau Lombok. Karena keindahan alam dan sumber air terbanyak di dareah ini sering dijadikan tempat peristirahatan bagi para pendaki yang ingin menggapai puncak Rinjani. Ditengah danau Segara anak terdapat Gunung Barujari yang masih aktif.
8. Danau Gunung Tujuh (1983 m dpl)
Danau Tujuh Gunung, Jambi. Foto: sumatratour
Danau Gunung Tujuh ialah salah satu dari banyak danau di Kabupaten Kerinci di propinsi Jambi. Ini ialah tempat wisata yang menakjubkan untuk dikunjungi. Lokasi Danau Gunung Tujuh ialah di Kecamatan Kayu Aro. Sekitar 50 km dari Sungai Penuh ke desa Pelompek.

9. Danau Anggi Gigi (1953 m dpl)

Danau Anggi Gigi, Manokwari, Foto: lancongan
Anggi Gigi ialah danau yang terletak di Pegunungan Arfak pada ketinggian sekitar 1.953 meter di atas permukaan bahari dengan kisaran suhu 8-20 derajat Celcius, mempunyai pemandangan yang indah dengan bukit-bukit kurva yang tertutup tanaman sub-alpine.

10. Danau Tigi (1948 m dpl)

Danau Tigi, Pinai Papua. Foto: wikipedia
Berada di ketinggian 1948 meter diatas permukaan bahari di Kabupaten Paniai, Papua. Danau tigi mempunyai sebuah pulau kecil ditengahnya menyerupai danau Toba di Sumatera, dimana di pulau kecil itu terdapat kerikil dengan sebuah jejak insan dan anjing, masyarakat setempat menggambarkan jejak tersebut sebagai pertahanan hidup di alam liar.

Sumber: nasionalgraphic

Posting Komentar untuk "Sepuluh Danau Tertinggi Di Indonesia"