Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesawat Tempur J-15 Mempunyai Karakteristik Sebagai Kapal Induk




Pesawat tempur J-15, merupakan heavy bomber yang dikembangkan secara independent oleh China, mempunyai karakteristik yang sangat baik untuk ditempatkan di kapal induk. Namun masih butuh waktu bagi J-15 untuk dikolaborasikan dengan kapal induk China Liaoning semoga lebih efektif dalam pertempuran, kata seorang analis milier yang diungkapkan dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

Kapal induk sangat bekerjasama akrab dengan setiap pesawat angkatan bahari versi aircraft carrier atau kapal perang lainnya, yang dipakai untuk menyerang sasaran di udara, di dalam air, di tanah dan melaksanakan tugas-tugas peringatan dini, scouting, patroli, convoying, mine-laying, mine clearance dan pendaratan vertikal. Kapal induk dipakai sebagai salah satu senjata utama bagi angkatan bahari dalam pertempuran dan sebagai kekuatan penting untuk merebut dan mempertahanankan wilayah udara dan bahari di medan perang maritim.

Hal ini juga menjadi perhatian dunia luar saat J-15 akhir-akhir ini terus menjadi pembicaraan, apakah dalam beberapa hari kedepan J-15 akan segera dilengkapkan pada kapal induk Liaoning China?. Karena dari isu yang beredar, J-15 telah berhasil landing dan take-off di atas kapal induk Liaoning. Namun angkatan bahari China menyampaikan bahwa itu ialah pertama kalinya bagi China khususnya J-15 melaksanakan latihan lepas landas dan mendarat di kapal induk, masih perlu waktu bagi J-15 untuk dilengkapkan ke kapal induk Liaoning.

Selain itu, dunia luar juga memberi perhatian khusus mengenai kinerja J-15. Seorang analis kedirgantaraan menyampaikan bahwa J-15 ialah pesawat tempur diatas generasi ketiga. J-15 mempunyai kinerja tempur yang unggul dan mempunyai karakteristik yang baik sebagai pesawat embel-embel kapal induk.

Dun Wenlong, seorang kolonel senior dan peneliti dari Akademi Ilmu Pengetahuan Militer China, menyampaikan kepada wartawan dalam sebuah wawancara, “Pertama, merupakan kiprah berat bagi sebuah pesawat berbasis kapal induk, yang berarti pesawat tersebut harus mempunyai jangkauan terbang yang lebih jauh, amunisi dan materi bakar yang lebih banyak/besar, control range dan mempunyai kemampuan tempur yang sangat baik. J-15 kompatibel dengan banyak sekali jenis amunisi dan mempunyai fungsi yang hampir sama dengan pesawat-pesawat yang berbasis kapal induk lainnya. J-15 bisa lepas landas dan mendarat di kapal induk Liaoning merupakan sebuah membuktikan yang baik bagi Angkatan Laut China dan khususnya J-15 it sendiri”.

Berbicara mengenai pentingnya pesawat yang berbasis kapal induk untuk keefektifan pertempuran, Wen long menyampaikan “Kekuatan tempur utama dari sebuah kapal induk ialah pesawat terbang, maka secara umum dikuasai negara di dunia menganggap agenda dan pembinaan pesawat yang berbasis kapal induk sebagai prioritas utama.”

Sumber:

Posting Komentar untuk "Pesawat Tempur J-15 Mempunyai Karakteristik Sebagai Kapal Induk"