Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Bagaimana Pendidik Sanggup Menulis Soal Yang Berkriteria Untuk Berfikir Tingkat Tinggi

Berikut ini yaitu berkas buku Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi untuk SD (Sekolah Dasar). Download file PDF. Buku panduan ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan SD 2016. Berkas buku ini  merupakan salah satu materi materi aksesori dalam Materi Diklat Guru Sasaran Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2017 untuk SD.

 Berikut ini yaitu berkas buku Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkrit Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi
Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi

Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi buku Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi:

Daftar Isi pada buku panduan ini antara lain:

I. LATAR BELAKANG

II. PEMAHAMAN KONSEP BERFIKIR TINGKAT TINGGI 
A. Pengertian Berfikir tingkat tinggi 

III. BAGAIMANA STRATEGI PENDIDIK MENYUSUN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR YANG BERKRITERIA BERFIKIR TINGKAT TINGGI? 
A. Meningkatkan Kemampuan Pendidik dalam Kaidah Penulisan Soal Berfikir Tingkat Tinggi 
B. Bagaimana Butir Soal Yang Dapat Menuntut Berfikir Tingkat Tinggi? 
C. Bagaimana Teknik Penulisan Butir Soal Berfikir Tingkat Tinggi? 
D. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Pendidik dalam Mengembangkan Ide Menulis Soal HOTS 
E. Mengetahui Langkah-langkah Menyusun Soal Berfikir Tingkat Tinggi 

IV. CONTOH SOAL BERKRITERIA BERFIKIR TINGKAT TINGGI 
A. Bahasa Indonesia 
B. Matematika 
C. IPA 

Pengertian Berfikir Tingkat Tinggi
Berfikir tingkat tinggi merupakan kemampuan berfikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melaksanakan pengolahan (recite).

Apa yang dimaksud berfikir?
  • Menemukan
  • Menganalisis
  • Mencipta
  • Merefleksi
  • Beragumen
Thinking is NOT :
  • Knowing
  • Remembering
  • Repeating
Berfikir tingkat tinggi :
  • Critical thinking & Problem Solving:
Keterampilan yang sangat esensial pada masa ke -21
  • Critical thinking sanggup dilatih berbasis pembelajaran di kelas
  • Critical problem solving mencakup: Menganalisis situasi yang tidak familiar; Mengevaluasi taktik pemecahan masalah; Menciptakan metode gres pemecahan masalah.
Difficulity is NOT same as HOT

Mengetahui dari arti kata yang jarang dipakai mungkin sulit tetapi ini bukannya HOT kecuali melibatkan proses bernalar (seperti mencari arti kata konteks/stimulus).

Berfikir tingkat tinggi meminimalkan aspek ingatan atau pengetahuan.
Penekanannya :
  • Transfer satu konsep ke konsep lainnya
  • Memproses dan menerapkan informasi
  • Mencari kaitan dari aneka macam info yang berbeda-beda
  • Menggunakan info untuk menuntaskan masalah
  • Menelaah inspirasi dan info secara kritis
  • Meningkatkan Kemampuan Pendidik dalam Kaidah Penulisan

Soal Berfikir Tingkat Tinggi
Sebelum menulis soal berfikir tingkat tinggi sebaiknya pendidik mengetahui apa yang dimaksud dengan keterampilan berfikir tingkat tinggi dan karakteristik instrumen untuk mengukur berfikir tingkat tinggi.

Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi:
Berfikir Kritis yaitu berfikir yang memeriksa, menghubungkan, dan mengevaluasi semua aspek situasi atau masalah: termasuk di dalamnya mengumpulkan, mengorganisir, mengingat, dan menganalisa informasi. Berfikir kritis termasuk kemampuan membaca dengan pemahaman dan mengidentifikasi materi yang diharapkan dan tidak dibutuhkan. Kemampuan menarik kesimpulan yang benar dari data yang diberikan dan bisa memilih nketidak-konsistenan dan kontradiksi dalam sekelompok data merupakan bab dari keterampilan berfikir kritis. Dengan kata lain berfikir kritis yaitu analitis dan refleksif.

Berfikir kreatif yang sifatnya asli dan reflektif . Hasil dari keterampilan berfikir ini yaitu sesuatu yang kompleks. Kegiatan yang dilakukan diantaranya menyatukan ide, membuat inspirasi baru, dan memilih efektifitasnya. Berfikir kreatif meliputi juga kemampuan menarik kesimpulan yang biasanya menelorkan hasil selesai yang baru.

    Download Buku Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas buku Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi ini silahkan lihatatau unduh pada link di bawah ini:

    Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi



    Download File:
    Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file buku Panduan Bagaimana Pendidik Dapat Menulis Soal yang Berkriteria untuk Berfikir Tingkat Tinggi. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Panduan Bagaimana Pendidik Sanggup Menulis Soal Yang Berkriteria Untuk Berfikir Tingkat Tinggi"