Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juklak Lomba Menulis Esai (Lme) Smp Tahun 2018

Berikut ini ialah berkas Juklak Lomba Menulis Esai (LME) SMP Tahun 2018. Download file format PDF.

 Berikut ini ialah berkas Juklak Lomba Menulis Esai  Juklak Lomba Menulis Esai (LME) SMP Tahun 2018
Juklak Lomba Menulis Esai (LME) SMP Tahun 2018

Juklak Lomba Menulis Esai (LME) SMP Tahun 2018

Berikut ini kutipan teks keteranngan dari isi berkas Petunjuk Pelaksanaan Lomba Menulis Esai (LME) SMP Tahun 2018:

Dalam upaya meningkatkan mutu sumberdaya insan Indonesia biar bisa bersaing dalam masa keterbukaan memandang perlu untuk membuat dan meningkatkan layanan pendidikan kepada seluruh warga negara minimal pada jenjang Sekolah Menengah Pertama. Selain itu banyak sekali kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan juga terus diselenggarakan baik dalam bentuk kegiatan pembelajaran maupun dalam bentuk kegiatan Lomba, Festival dan Olimpiade tahun 2018.

Untuk mewujudkan kegiatan dimaksud, khususnya kegiatan Lomba, Festival dan Olimpiade tahun 2018 telah disusun banyak sekali kebijakan dan seni manajemen yang kemudian dijabarkan dalam bentuk jadwal dan atau kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu dan terkoordinasi, baik di tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional dan internasional. Kegiatan di tingkat nasional meliputi Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI SMP), Lomba Menulis Esai (LME), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN), dan Gala Siswa Indonesia SMP (GSI). Sedangkan kegiatan di tingkat internasional menyerupai International Junior Science Olympiad (IJSO), International Mathematics Competition (IMC), Basel Open Master (BOM), dan International Research Exhibition.

Agar jadwal dan atau kebijakan tersebut sanggup mencapai sasaran yang telah ditetapkan, maka diterbitkan Buku Petunjuk Pelaksanaan untuk masing-masing jenis kegiatan, baik Lomba, Festival dan Olimpiade yang bersifat nasional maupun bersifat internasional.

Melalui buku ini diharapkan pihak-pihak terkait dalam pengelolaan kegiatan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan sekolah sanggup memakai buku petunjuk pelaksanaan ini sebagai pedoman pelaksanaan, sehingga kegiatan sanggup dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Dunia pendidikan di Indonesia sedang berupaya berbagi pendidikan karakter sebagai inti pendidikan. Proses pendidikan tanpa pembangunan karakter diyakini sebagai proses yang akan membuat pendidika n kehilangan rohnya dan menjadi sekadar sarana pembinaan otak. Tanpa pembangunan karakter, pendidikan hanya akan membuat akseptor didik tumbuh secara parsial, menjadi sosok yang mungkin saja pandai, tapi miskin emosional dan spriritual. Upaya mengembalikan pendidikan ke dalam proses pendidikan yang berkarakter menjadi hal yang sangat penting dan mendesak.

Dalam Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015-2019, visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015-2019 ialah terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong.

Pemerintah sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan berupaya keras dalam melaksanakan program-program peningkatan mutu pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan SMP berusaha mewujudkan jadwal Nawacita Presiden Republik Indonesia, yakni meningkatkan kualitas hidup insan Indonesia dan melaksanakan revolusi karakter bangsa yang akan dilaksanakan melalui literasi membaca dan menulis melalui Lomba Menulis Esai SMP 2018.

Salah satu instrumen untuk penumbuhan karakter atau kecerdikan pekerti, yaitu internalisasi budaya literasi. Literasi ialah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi ketika melaksanakan proses membaca dan menulis. Literasi ialah keberaksaraan, yaitu kemampuan membaca dan menulis. National Institute for Literacy (NIFL) mengemukakan literasi ialah kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan persoalan pada tingkat keahlian yang diharapkan dalam pekerjaan, keluarga, dan masyarakat.

Aktivitas budaya literasi sanggup dilakukan dalam bermacam-macam cara salah satunya ialah penyesuaian membaca dan kemudian dari hasil bacaan akan muncul impian untuk menulis karya. Melalui acara menulis karya tulis, akseptor didik sanggup menuangkan gagasan kritis dari hasil pembacaan dan memacu akseptor didik untuk terus berkarya (menulis) alasannya ialah dengan menulis mereka mempunyai pengetahuan. Selain itu, kegiatan Karya Tulis Sis wa juga sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan nilai -nilai kedisiplinan, kerja keras, empati, kepercayaan diri, kreativitas, kejujuran, inovasi, intelektualitas, dan memperkuat jaringan silaturahmi antarsiswa, dan nilai -nilai karakter lainnya.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berafiliasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) menyadari pentingnya karya tulis siswa, maka merasa perlu untuk mengadakan Lomba Menulis Esai (LME), sebagaimana yang diamanahkan dalam Rakernas DWP pada Mei 2017. Kerjasama ini untuk memberi ruang kepada institusi lain untuk bersama- sama berafiliasi menumbuhkan dan memperkuat implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada akseptor didik melalui bidang literasi.

Lomba Menulis Esai ini menunjukkan kesempatan kepada para akseptor didik yang berbakat dan berminat di bidang literasi sanggup meningkatkan pencapaian prestasi dengan mengirimkan karya tulisnya. Olehkarenanya, Direktorat Pembinaan SMP dipandang perlu memprogramkan kegiatan LME SMP tahun

2018 yang dilaksanakan pribadi di tingkat nasional. Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan LME SMP tahun 2018 supaya terealisasi dengan baik, disusunlah Petunjuk Pelaksanaan LME SMP tahun 2018 sebagai pola bagi sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Dinas Pendidikan Provinsi untuk sanggup mendorong para siswa dan para guru menggiatkan Gerakan Literasi Sekolah melalui karya tulis siswa.

Kegiatan Lomba Menulis Esai SMP Tahun 2018 bertujuan:
  1. Meningkatkan minat baca siswa untuk menambah pengetahuan dan wawasan
  2. Menumbuhkan rasa ingin tahu siswa terhadap kondisi masyarakat
  3. Meningkatkan apresiasi siswa dari hasil bacaan dan keingintahuan terhadap kondisi masyarakat dalam bentuk tulisan
  4. Menumbuhkembangkan suasana kompetitif yang sehat dalam kebersamaan
  5. Melatih para siswa untuk bisa memberikan atau mengomunikasikan ide/gagasan cerdas melalui budaya tulis
  6. Menjadi ajang silaturahim dan proses berguru dengan para penulis
  7. Menumbuhkan rasa kekeluargaaan sebangsa setanah air Indonesia
  8. Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi dalam bidang literasi.

Hasil yang diharapkan pada Lomba Menulis Esai SMP Tahun 2018 antara lain:
  1. Siswa mempunyai kebiasaan membaca;
  2. Siswa sanggup mengapresiasi hasil bacaan dan mengapresiasi kondisi masyarakat melalui budaya menulis;
  3. Terhimpunnya karya-karya tulis siswa SMP dari banyak sekali rumpun ilmu;
  4. Terlaksananya silaturahim antar finalis LME SMP;
  5. Terbentuknya karakter generasi muda yang akan menjadi identitas bangsa Indonesia;
  6. Peningkatan minat dan prestasi siswa dalam bidang literasi terutama membaca dan menulis. 

Sasaran kegiatan LME ialah siswa SMP/MTs Negeri dan swasta atau sederajat.

Penyelenggara:
  1. Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Dikdasmen, Kemdikbud;
  2. Dharma Wanita Persatuan.

Layanan Informasi:
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama menunjukkan layanan Informasi yang sanggup dilihat dan diunduh melalui ditpsmp.kemdikbud. go.id/pesertadidik untuk mendapat informasi terkini ihwal perubahan-perubahan yang terjadi dalam peraturan pertandingan, surat pemanggilan dan hal lain seputar LME SMP Tahun 2018.

Informasi layanan informasi sanggup diakses melalui:
FB Fan page : ditpsmp.lomba talenta prestasi 2018
Instagram : ditpsmp.prestasi_2018
Twitter : @bakatprestasi18
YouTube : talenta prestasi
Email : bakatprestasi.psmp@kemdikbud.go.id

Alamat sekretariat lomba, pameran dan olimpiade SMP 
Direktorat Pembinaan SMP
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Gedung E lantai 17
Senayan, Jakarta Pusat 10270
Telepon. +62 21 5725683
Fax. +62 21 57900459
Sekretariat Lomba. +62 87781037040

Pengiriman Naskah:
Untuk pengiriman naskah Lomba Menulis Esai (LME) ditujukan ke :
Email: dharmawanitapersatuanpusatlme@gmail.com 
Alamat web: dharmawanitapersatuan.com
Facebook: dwpsosmed
Alamat kantor : Dharma Wanita Persatuan Pusat Jalan Pedurenan Masjid Kavling F 01 Kuningan, Jakarta Selatan 

Pengertian:
Lomba Menulis Esai SMP yang disingkat LME SMP ialah ajang kompetisi Siswa SMP tingkat Nasional berupa karya tulis dari hasil pengamatan, hasil pembacaan, dan hasil perenungan dan pemikiran siswa terhadap permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan hidup, lingkungan sosial, dan lingkungan budaya yang sanggup membentuk karakter bangsa.

Tema:
Tema Lomba Menulis Esai SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 dengan tema “Cinta Kehidupan yang Berkarakter” yang mencakup:
  1. Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika
  2. Ilmu Pengetahuan Sosial dan Budaya
  3. Teknologi dan Terapan

Adapun topik yang sanggup dipilih ialah sebagai berikut.
  1. Pengenalan budaya melalui dongeng rakyat
  2. Sastra sebagai pembentuk karakter bangsa
  3. Pembentukan jati diri bangsa melalui kearifan lokal
  4. Alam dan Lingkungan sumber kehidupan
  5. Penguasaan Teknologi Memajukan Bangsa
  6. Pelestarian Budaya dan Lingkungan Hidup Merupakan Tanggung Jawab Masyarakat

Persyaratan Peserta:
  1. Berkewarganegaraan Indonesia;
  2. Siswa masih aktif sebagai siswa SMP/MTs negeri/swasta atau yang sederajat di seluruh wilayah Indonesia;
  3. Masih kelas 7 atau kelas 8 pada tahun pembelajaran 2017/2018 pada ketika mengikuti lomba;
  4. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di Data Pokok Peserta Didik (Dapodik);
  5. Bukan juara 1, 2 dan 3 LME SMP tahun sebelumnya; 
  6. Siswa SMP/MTs negeri/swasta atau yang sederajat putra-putri anggota/ keluarga DWP dan masyarakat dibuktikan dengan SK dari Ketua Umum DWP setempat;
  7. Setiap sekolah hanya diwakili oleh 1 (satu) siswa/naskah;
  8. Siswa SMP/MTs/sederajat dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Sekolah;
  9. Wajib mengisi biodata akseptor pada pendaftaran daring (registrasi online) pada laman ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik;
  10. Naskah dan lampiran dikirim secara bersamaan.

Sifat Karya Tulis:
  1. Kreatif, yaitu karya tulis mempunyai daya cipta yang unik, artistik, imajinatif, kebaharuan, dan kaya gagasan.
  2. Valid, yaitu goresan pena didukung oleh data dan/atau referensi, yaitu gagasan gagasan yang berasal dari orang lain.
  3. Personal, yaitu karya perorangan, yaitu karya dikerjakan secara sendirian, tidak kelompok.
  4. Orisinal, yaitu karya tulis belum pernah diikutsertakan dalam lomba atau dipublikasikan pada media apapun.

Ketentuan:
  1. LME 2018 dibuka semenjak diumumkan. Semua naskah untuk lomba tingkat nasional telah diterima oleh panitia selambat-lambatnya 31 Agustus 2018;
  2. Esai dibentuk 3 s.d 5 halaman, ukuran kertas A4, spasi 1.5, ukuran 12, huruf times new romans, dan margins atas-bawah 4 cm, kiri-kanan 3 cm;
  3. Esai tidak mengandung unsur SARA yang berpotensi menyebabkan konfilk sosial;
  4. Esai dikirim melalui email dharmawanitapersatuanpusatlme@gmail.com;
  5. Artikel dikirimkan dalam 2 berkas/file yang terdiri atas; satu berkas/file artikel dan satu berkas/file biodata naskah dan lampiran dikirim secara bersamaan;
  6. Esai yang masuk final dipresentasikan oleh penulis di hadapan dewan juri;
  7. Naskah esai yang dilombakan menjadi hak milik panitia dan sanggup disebarluaskan oleh panitia melalui media massa dengan mencantumkan nama penulis;
  8. Direktorat Pembinaan SMP akan mengumumkan finalis LME tingkat nasional tahun 2018 pada tanggal 14 September 2018 yang sanggup diunduh melalui laman ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik dan dharmawanitapersatuanpusatlme@gmail.com
  9. Penulis yang terpilih sebagai finalis didampingi guru pendamping akan diundang mengikuti jadwal final pada 27 s.d. 31 Oktober 2018 untuk mengikuti evaluasi presentasi di depan dewan juri; 
  10. 3 lembar, fotokopi kartu pelajar, dan surat keterangan dari kepala sekolah.
  11. Para finalis diwajibkan menyerahkan materi presentasi (format MS- Powerpoint, untuk video: format MP4);
  12. Bila ada alat peraga, maka pada ketika presentasi, alat tersebut harus sanggup diperagakan sesuai dengan fungsinya;
  13. Para finalis yang tidak hadir dalam presentasi dinyatakan gugur sebagai finalis;
  14. Para finalis wajib mengenakan pakaian seragam sekolah pada ketika presentasi di hadapan dewan juri;
  15. Proses penulisan dibimbing oleh seorang guru sekolah yang bersangkutan (didukung surat keterangan sekolah)

Tahapan Seleksi:
  1. Penyusunan esai, yaitu tahap penulisan karya tulis siswa sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan panitia. Tahapan ini dilaksanakan sebelum naskah dikirim ke panitia;
  2. Pengiriman esai, tahap mengirim naskah secara daring (online) ke alamat pos-el (email) panitia sesuai ketentuan yang ditetapkan;
  3. Seleksi administrasi, yaitu tahapan evaluasi manajemen yang didasarkan pada kelengkapan ketentuan yang ditetapkan;
  4. Seleksi isi, yaitu tahapan evaluasi substansi (isi) naskah menurut kategori penilaian
  5. Presentasi, tahapan evaluasi orisinalitas karya yang didasarkan pada penguasaan akseptor akan isi naskah yang dikirim melalui acara presentasi peserta;
  6. Tanya jawab, yaitu tahapan evaluasi untuk menguji sejauh mana akseptor menguasi materi naskah penulisan;
  7. Pembekalan, yaitu kegiatan non evaluasi yang menunjukkan bekal kepada akseptor terkait kegiatan penulisan esai;
  8. Penulisan, yaitu kegiatan penulisan esai oleh para finalis sesuai tema dan topik yang ditentukan dewan Juri;
  9. Penilaian akhir, yaitu tahapan evaluasi kemampuan akseptor (finalis) esai dalam menulis naskah sesuai ketentuan yang diberikan Dewan Juri.

Finalis:
Finalis LME SMP Tingkat Nasional akan diumumkan pada awal bulan Juli 2018 . 

Penghargaan:
  1. Para finalis akan mendapat penghargaan berupa medali (emas, perak, dan perunggu), piagam, dan hadiah lainnya.
  2. Pemenang LME SMP tingkat Nasional akan mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Dharma Wanita Persatuan;
  3. Pemenang LME SMP Tingkat Nasional terdiri atas, peringkat I, II, III, serta Harapan I, II, dan III.
  4. Setiap akseptor LME SMP tingkat nasional tahun 2018 sesuai dengan persyaratan akseptor akan mendapat Beasiswa Bakat dan Prestasi SMP tahun 2018 sejumlah Rp. 3.000.000,- [tiga juta rupiah].

    Download Juklak Lomba Menulis Esai (LME) SMP Tahun 2018

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Petunjuk Pelaksanaan Lomba Menulis Esai (LME) SMP Tahun 2018 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Juklak Lomba Menulis Esai (LME) SMP Tahun 2018



    Download File:
    Juklak Lomba Menulis Esai (LME) SMP Tahun 2018.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Juknis atau Juklak Lomba Menulis Esai (LME) SMP Tahun 2018. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Juklak Lomba Menulis Esai (Lme) Smp Tahun 2018"