Contoh Rpp Sd Mi Kelas 1 2 3 4 Kurikulum 2013
Berikut ini yaitu berkas Contoh RPP SD MI Kelas 1 2 3 4 Kurikulum 2013. Download file format .doc atau .docx Microsoft Word.
Contoh RPP SD MI Kelas 1 2 3 4 Kurikulum 2013 |
Contoh RPP SD MI Kelas 1 2 3 4 Kurikulum 2013
Berikut ini sekilas keterangan mengenai RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) untuk SD/MI:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran penerima didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis biar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi penerima didik untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis penerima didik. RPP disusun menurut KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.
Adapun komponen-komponen RPP terdiri dari 13 bab yaitu:
- Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan.
- Identitas mata pelajaran atau tema/subtema.
- Kelas/semester.
- Materi pokok.
- Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban berguru dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai.
- Tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
- Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
- Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi.
- Metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran biar penerima didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik penerima didik dan KD yang akan dicapai.
- Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran.
- Sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber berguru lain yang relevan.
- Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup.
- Penilaian hasil pembelajaran.
Di dalam penyusunan RPP harus memperhatikan beberapa prinsip antara lain sebagai berikut:
- Perbedaan individual penerima didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan penerima didik.
- Partisipasi aktif penerima didik.
- Berpusat pada penerima didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk membuatkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan agenda pertolongan umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber berguru dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Pengembangan RPP bisa dilakukan pada setiap awal semester atau pada awal tahun pelajaran dengan maksud supaya RPP telah dipersiapkan dan tersedia lebih awal dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP bisa dilakukan oleh guru baik secara individu maupun secara berkelompok dalam kelompok kerja guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan. Kurikulum 2013 untuk sekolah dasar (SD) memakai pendekatan pembelajaran tematik integratif dari kelas I hingga kelas VI.Pengembangan RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik atau disebut dengan RPP Tematik.
Dalam implementasi Kurikulum 2013, tema tidak dinegosiasikan dengan siswa, tetapi sudah ditetapkan oleh pemerintah, bahkan silabus tematik, buku guru, dan buku siswa telah disediakan oleh pemerintah. Untuk keperluan penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di kelas, guru sanggup membuatkan RPP Tematik dengan memperhatikan silabus tematik, buku guru, dan buku siswa yang telah tersedia serta mengacu pada format dan sistematika RPP yang berlaku. RPP tematik yaitu rencana pembelajaran tematik terpadu yang dikembangkan secara rinci dari suatu tema dengan tahapan sebagai berikut:
1. Mengkaji Silabus Tematik
Silabus yaitu rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau tema tertentu dalam pelaksanaan kurikulum sekolah dasar. Komponen silabus mencakup: kompetensi inti, kompetensi dasar, bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Silabus berfungsi sebagai referensi bagi guru dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).Pada Kurikulum 2013, silabus tematik telah disiapkan oleh pemerintah, guru tinggal memakai sebagai dasar penyusunan RPP. Guru menentukan kegiatan-kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tema/subtema yang akan dilaksanakan pada satu pertemuan atau lebih. Kegiatan yang dipilih harus meliputi kegiatan pembelajaran sesuai dengan standar proses.
2. Mengkaji Buku Guru
Buku guru berisi tentang:
- Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Kompetensi Inti (KI).
- Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) 1 dan 2 serta KD 3 dan 4.
- Ruang lingkup pembelajaran untuk satu sub tema yang terdiri dari 6 pembelajaran dalam 1 ahad (untuk kelas I).
- Pemetaan indikator pembelajaran untuk setiap pembelajaran.
- Setiap pembelajaran berisi perihal uraian kegiatan pembelajaran yang mencakup:
- Nama kegiatan
- Tujuan pembelajaran
- Media dan alat pembelajaran
- Langkah-langkah kegiatan
- Penilaian.
- Setiap tamat pembelajaran, guru hendaknya melaksanakan kegiatan refleksi untuk melaksanakan kegiatan remedial dan pengayaan.
3. Mengkaji Buku Siswa
Buku Seri Pembelajaran Tematik terpadu untuk siswa disusun mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi.Buku siswa memuat rencana pembelajaran berbasis aktivitas.Didalamnya memuat urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa.Buku ini mengarahkan yang harus dilakukan siswa bersama guru untuk mencapai kompetensi tertentu, bukan buku yang materinya dibaca, diisi, atau dihafal.
Buku guru dengan cakupan isi tersebut di atas, sangat membantu dan membimbing guru dalam menyusun RPP.Beberapa catatan yang berkaitan dengan buku guru, buku siswa, dan sistematika RPP sebagai berikut.
- Sistematika RPP berbeda dengan sistematika urutan pada buku guru dan buku siswa.
- Metode pembelajaran belum disajikan secara eksplisit dalam buku guru.
- Cakupan bahan sangat luas berbasis aktivitas.
- Kegiatan pembelajaran belum terinci, pendahuluan, inti, dan penutup.
- Pendekatan saintifik belum terlihat secara nyata.
Download Contoh RPP SD/MI Kelas 1 2 3 4 Kurikulum 2013
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Contoh RPP SD/MI Kelas 1, 2, 3 dan 4 Kurikulum 2013 ini silahkan lihat preview salah satu berkas dan unduh file lainnya pada link di bawah ini:
Download File:
Contoh RPP SD MI Kelas 1 Kurikulum 2013
[1] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 1 - Tema: Diriku.docx
[2] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 1 - Tema: Kegemaranku.docx
[3] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 1 - Tema: Kegiatanku.docx
[4] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 1 - Tema: Keluargaku.docx
[5] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Tema: Pengalamanku.docx
[6] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Tema: Lingkungan Bersih Sehat dan Asri.docx
[7] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Tema: Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku.docx
[8] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Tema: Peristiwa Alam.docx
Contoh RPP SD MI Kelas 2 Kurikulum 2013
[1] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 - Tema: Hidup Rukun.docx
[2] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 - Tema: Bermain di Lingkunganku.docx
[3] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 - Tema: Tugas Sehari-Hari.docx
[4] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 - Tema: Aku dan Sekolahku.docx
[5] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 2 - Tema: Hidup Sehat dan Bersih.docx
[7] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 2 - Tema: Merawat Hewan dan Tumbuhan.docx
[6] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 2 - Tema: Air Bumi dan Matahari.docx
[8] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 2 - Tema: Keselamatan di Rumah dan Perjalanan.docx
Contoh RPP SD MI Kelas 3 Kurikulum 2013
[1] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Tema: Sayangi Hewan dan Tumbuhan di Sekitar.doc
[2] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Tema: Pengalaman yang Mengesankan.doc
[3] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Tema: Mengenal Cuaca dan Musim.doc
[4] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Tema: Ringan Sama Dijinjing Berat Sama Dipikul.doc
[5] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Tema: Mari Bermain dan Berolahraga.doc
[6] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Tema: Indahnya Persahabatan.doc
[7] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Tema: Mari Kita Berhemat untuk Masa Depan.doc
[8] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Tema: Berperilaku Baik dalam Kehidupan Sehari-hari.doc
[9] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Tema: Menjaga Kelestarian Lingkungan.doc
Contoh RPP SD MI Kelas 4 Kurikulum 2013
[1] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Tema: Indahnya Kebersamaan.docx
[2] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Tema: Selalu Berhemat Energi.docx
[3] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Tema: Peduli Terhadap Makhluk Hidup.docx
[4] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Tema: Berbagai Pekerjaan.docx
[5] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Tema: Pahlawanku.docx
[6] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Tema: Indahnya Negeriku.docx
[7] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Tema: Cita-Citaku.docx
[8] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Tema: Tempat Tinggalku.docx
[9] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Tema: Makanan Sehat dan Bergizi.docx
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Contoh RPP SD/MI untuk Kelas 1, 2, 3, dan 4 Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Contoh Rpp Sd Mi Kelas 1 2 3 4 Kurikulum 2013"