Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Smk Teknik Pembuatan Benang Dan Pembuatan Kain

Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain Jilid 1 2. Download file PDF.

 Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa  Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain
Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain

Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain:

Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran Sekolah Menengah kejuruan Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain ini telah melalui proses evaluasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk Sekolah Menengah kejuruan dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Buku merupakan bab integral dari suatu sistem pendidikan bahkan merupakan salah satu kunci untuk melepaskan diri dari ketinggalan pengetahuan dan teknologi yang terus tumbuh dan berkembang. Penyediaan buku ini untuk Sekolah Menengah Kejuruan dengan tujuan untuk menunjang pelaksanaan proses berguru di sekolah, baik digunakan oleh siswa maupun sebagai pedoman bagi guru dalam mengajar, khususnya pada Program Keahlian Teknologi Pembuatan Benang dan Teknologi Pembuatan Kain Tenun.

Pembuatan benang memakai materi baku yang berasal dari serat-serat alam atau serat-serat buatan baik yang berupa stapel atau filamen. Pembuatan benang ada majemuk cara, tergantung pada materi baku yang diolah, namun pada prinsipnya sama, yaitu menciptakan untaian serat-serat yang kontinyu dengan diameter dan antihan tertentu. Pembuatan benang melalui tahapan : pembukaan gumpalan serat, penarikan serat-serat, sumbangan antihan dan penggulungan.

Kain tenun dibuat dengan cara menganyamkan atau menyilangkan dua kelompok benang yang saling tegak lurus sehingga membentuk kain tenun dengan konstruksi tertentu. Prinsip pembentukan kain tenun melalui gerakan : pembukaan ekspresi lusi, penyisipan/pakan, pengetekan, penggulungan kain dan penguluran lusi.

Buku ini dikerjakan sebagai sumber info untuk siswa Sekolah Menengah kejuruan Bidang Keahlian Teknologi Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain Tenun, yang dibutuhkan mempunyai pengetahuan yang lebih dalam dan lebih luas sehingga bisa menggambarkan materi bimbing yang sesuai standar kurikulum.

Dengan buku ini dibutuhkan guru bisa atau bisa membuatkan materi bimbing dalam bentuk modul yang siap digunakan oleh guru dan siswa di kelas dan di bengkel-bengkel.

Tidak semua teknologi yang ada dituangkan dalam buku ini mengingat luasnya ruang lingkup teknologi dan teknologi yang sudah diterapkan di industri Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain Tenun di Indonesia.

Daftar Istilah/Glosari
  1. Serat: ialah benda yang perbandingan panjang dan diameternya sangat besar.
  2. Stapel: ialah serat yang mempunyai panjang terbatas.
  3. Filament: ialah serat yang panjangnya berlanjut.
  4. Benang: Susunan serat-serat yang teratur ke arah memanjang dengan diberi antihan.
  5. Peregangan: ialah proses penarikan / penggeseran kedudukan serat-serat dalam sliver maupun roving.
  6. Antihan: ialah pilinan atau twist yang diberikan pada serat atau benang dengan tujuan untuk menunjukkan kekuatan.
  7. Cam/eksektrik/tapet: ialah peralatan yang sanggup merubah gerak berputar menjadi gerak lurus.
  8. Beam: ialah daerah menggulung benang lusi dengan posisi benang lusi sejajar antara satu dengan yang lainnya.
  9. Shuttle/teropong: ialah alat yang bergerak bolak balik ke arah lebar kain untuk membawa benang pakan.
  10. Coupling/Cluth: ialah peralatan yang bisa meneruskan atau memutus gerak putar.
  11. Shedding: ialah pembukaan ekspresi lusi.
  12. Taking up: ialah penggulungan kain.
  13. Beating Up: ialah gerakan pengetekan.
  14. Letting Off: ialah gerakan penguluran lusi.
  15. Inserting/Tiking Up: ialah gerakan peluncuran benang pakan/teropong.

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Teknik Pembuatan Benang dan Pembuatan Kain. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Smk Teknik Pembuatan Benang Dan Pembuatan Kain"