Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Smk Teknik Mesin Industri

Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Teknik Mesin Industri Jilid 1 2 3. Download file PDF.

 Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa  Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Mesin Industri
Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Mesin Industri

Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Mesin Industri

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Mesin Industri:

Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Teknik Mesin Industri ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran Sekolah Menengah kejuruan Teknik Mesin Industri ini telah melalui proses evaluasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk Sekolah Menengah kejuruan dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk dipakai dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Buku yang diberi judul ”Teknik Mesin Industri” ini disusun dengan memperhatikan rambu-rambu yang ada, antara lain Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 ihwal Standar Nasional Pendidikan, Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), khususnya bidang keahlian Teknik Mesin.

Buku ini banyak membahas ihwal mesin-mesin konversi energi, dimana sesuai dengan silabus dalam KTSP bidang Teknik Mesin bahan tersebut terdapat dalam mata pelajaran produktif kategori dasar kompetensi kejuruan. Sesuai spektrum Pendidikan Kejuruan Kurikulum Edisi 2004, bidang keahlian Teknik Mesin terdiri dari 9 (sembilan) kegiatan keahlian dimana bahan dasar kompetensi kejuruan diberikan kepada sembilan kegiatan keahlian tersebut.

Diharapkan buku ini sanggup dijadikan pedoman atau referensi bagi siswa dan guru Sekolah Menengah kejuruan bidang keahlian Teknik Mesin khususnya, dan bidang keahlian lain pada umumnya.

Buku Teknik Mesin Industri ini dibentuk dengan cita-cita menunjukkan manfaat bagi para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya bidang keahlian Teknik Mesin, sehingga mereka memiliki pengetahuan dasar ihwal prinsip konversi energi dan mesin-mesinnya. Buku ini memaparkan teori dasar konversi energi dan ditambah dengan klarifikasi kontruksi-kontruksi mesin pada setiap bab. Pada bab-bab awal dipaparkan ihwal dasar-dasar kejuruan serta ilmu-ilmu dasar mencakup mekanika fluida, termodinamika, perpindahan panas. Penjelasan pada setiap belahan dilengkapi dengan gambar-gambar dan diagram untuk mempermudah pemahaman siswa.

Uraian per belahan mengacu pada standar kompetensi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya bidang keahlian Teknik Mesin. Penjelasan ditekankan pada konsep dasar, mulai dari sejarah perkembngan hingga teknologi terbaru yang ada. Pembuktian secara kuantitatif terhadap konsep-konsep konversi energi dibatasi. Siswa dalam membaca buku ini diarahkan hanya untuk melogika teori dasar dengan tujuan mempermudah pemahaman.

Konsep konversi energi diuraikan dengan membahas terlebih dahulu teori yang mendasari. Untuk pompa, kompresor dan turbin air teori dasar yang diuraikan ialah sama, yaitu penerapan mekanika fluida. Pada mesin-mesin kalor, motor bakar, turbin gas, dan turbin uap, teori yang mendasari ialah termodinamika, mekanika fluida, dan perpindahan panas.

Untuk melengkapi paparan konsep-konsep dasar pada setiap belahan diberikan contoh-contoh aplikasinya. Fokus pembahasan di dalam buku ini ialah mesin-mesin yang mengkonversi sumber-sumber energi yang tersedia di alam untuk menghasilkan energi yang sanggup dimanfaatkan. Mesin-mesin pompa dan kompresor, dibahas detail dalam buku ini sebab mesin-mesin tersebut dianggap sebagai alat bantu untuk pengoperasian mesin-mesin konversi. Selanjutnya dibahas ihwal mesin-mesin panas, ibarat motor bakar, turbin gas, dan turbin uap. Pada belahan final buku dibahas ihwal turbin air, refrigerasi dan pengkondisian udara.

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Mesin Industri

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Mesin Industri ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknik Mesin Industri



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan Teknologi dan Rekayasa - Teknik Mesin Industri. Semoga sanggup bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Smk Teknik Mesin Industri"