Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Smk Seni Dan Pariwisata Kriya Kayu

Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Kayu Jilid 1 2. Download file PDF.

 Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Kayu Jilid  Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Kayu
Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Kayu

Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Kayu

Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Kayu ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Kayu ini telah melalui proses evaluasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk Sekolah Menengah kejuruan dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk dipakai dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan kejuruan, diharapkan banyak sekali sarana penunjang diantaranya adanya buku penunjang untuk memperluas wawasan akseptor didik. Sesuai dengan tujuan menengah kejuruan diantaranya diharapkan lulusannya bisa bekerja sesuai dengan bidangnya disamping juga sanggup mengembangkan diri sesuai aktivitas keahlian. Dengan banyak membaca buku yang berkaitan dengan pendidikan kejuruan, siswa akan sanggup lebih berpikir secara teoritis dan kritis yang pada gilirannya akan menjadi insan yang cerdas, trampil dan adaptif.

Buku ini disusun sebagai contoh bagi para siswa-siswa Sekolah Menengah kejuruan aktivitas keahlian kriya kayu , guru kriya kayu dan widyaiswara yang ingin memperdalam perihal kriya kayu, teknologi kriya kayu dan disain kriya kayu.

Materi yang terdapat dalam buku ini dipilih diubahsuaikan dengan setandar kompetensi Nasional dan kurikulum yang berlaku di Sekolah Menengah kejuruan seni dan budaya. Apa yang tertulis dalam buku ini diambil dari banyak sekali sumber yang berkaitan dengan kriya khususnya kriya kayu yang banyak diterpakan di Industri pada ketika ini.

Buku ini merupakan goresan pena awal (2007), yang akan selalu dikembangkan, direvisi, dan disempurnakan semoga mencapai tingkat kedalaman dan keluasan yang memadai sebagai sumber belajar. Walaupun belum sempurna, setidakanya buku ini sanggup dijadikan salah satu sumber yang bermanfaat bagi yang memerlukannya.

Hal-hal yang akan disajikan dalam buku ini hal-hal yang berkaitan dengan keahlian kriya kayu baik dari kekriaan, teknologi alat, teknogi materi dan teknologi pengerjaannya. Pada potongan pendahulun disajikan hal-hal yang khas yang merupakan ciri utama dari aktivitas keahlian kriya kayu berisi meliputi pengertian kriya yang meliputi konsep kriya dan potensi kriya di Indonesia, latar belakang sejarah kriya dan dinamika perkembangan kriya. Selanjutnya pada bab-bab berikutnya akan disajikan teknologi materi dan alat dan banyak sekali teknik pengerjaan kriya kayu diantaranya teknik kerja dingklik dan mesin, teknik kerja bubut, teknik kerja ukir, teknik kerja raut, teknik kerja sekroll, teknik kerja inlay, teknik kerja produk kreatif dilengkapi berberapa contoh produk dan disain pada setiap keteknikan serta banyak sekali teknik finishing kriya kayu. Pada potongan selanjutnya akan disjikan desain produk kriya kayu dimana pada potongan ini pembaca akan diajak bagaimana cara mendisain dengan mengacu dengan proses disain yang diwali dengan wawasan konsep disain, banyak sekali contoh-contoh desain produk kriya kayu, penerapan ornamen (ukiran dan inlay) pada disain kriya kayu. Desain produk ini merupakan suatu hal yang amat penting dalam kriya kayu bahkan untuk tingkat lanjut sanggup menjadi suatu profesi tersendiri yang sangat menjanjikan. Oleh alasannya itu siswa Sekolah Menengah kejuruan kriya kayu amatlah penting untuk mengetahui lebih awal desain produk ini untuk bekal pengembangan diri lebih lanjut.

Agar para pembaca sanggup lebih memhami secara mudah perihal kriya kayu, di dalamnya akan disajikan beberapa gambar-gambar yang cukup komunikatif dengan penjelasan-penjelasan yang cukup jelas.

Dengan demikian buku ini layak dibaca oleh siswa Sekolah Menengah kejuruan kriya kayu dan guru kriya kayu sebagai rujukan serta para pembaca yang berminat untuk mempelajarinya. Untuk merekalah buku ini dipersembahkan, dengan impian sanggup sedikit memberi balasan perihal apa dan bagaimana kriya kayu serta apa istimewanya keahlian kriya kayu itu.

Pendidikan kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, aklak mulia, serta ketrampilan hidup berdikari dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan aktivitas kejuruannya. Agar nantinya sanggup bekerja secara efektif dan efisien serta mengembangkan keahlian serta ketrampilannya, lulusan harus, menguasai bidang keahliannya dan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai etos kerja yang tinggi, bisa berkomunikasi sesuai dengan tuntutan pekerjaanya, mempunyai stamina yang prima, serta mempunyai kemampuan mengembangkan diri.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Kriya Kayu sebagai salah satu aktivitas keahlian pada pendidikan kejuruan akan menyiapkan lulusannya sesuai tujuan diatas dengan menyiapkan sarana pendukung pembelajaran yang memadai salah satunya ialah buku pembelajaran yang disesusikan dengan standar Kompetensi Nasional (SKN) Program keahlian kriya Kayu.dan Kurikulum yang berlaku pada ketika buku ini disusun.

Secara garis besar buku yang berjudul “KRIYA KAYU” ini terdiri dari enam bab, meliputi: Pengertiang kriya dan kriya kayu yang meliputi konsep kriya kayu, latar belakang kriya dan dinamika perkembangannya, materi dan alat kerja serta teknologi kerja kriya kayu serta mekanisme mendisain kriya kayu. Secara rinkas akan diuraiakn menyerupai berikut :

Bab I : Pendahuluan
Pada potongan ini menbahas perihal pengertian kriya yang meliputi konsep kriya dan potensinya, sejarah kriya dan dinamika perkembangan kriya semenjak masa pembangunan hingga sekarang.

Bab II Bahan-bahan untuk kriya kayu
Pada potongan ini akan disajikan bahan-bahan yang dipakai dalam pembuatan kriya kayu yang meliputi jenis, sifat, pengolahan dan mutu bahan.

Bab III Alat-alat untuk kriya kayu
Pada potongan ini akan dijelaskan jenis, macam, karakteristik dan pengkondisian alat baik manual maupun masinal yang dipakai dalam mewujudkan produk kriya kayu.

Bab IV Teknologi kerja kriya kayu
Bagian ini menjelaskan perihal perlengkapan dan teknik kerja kriya kayu yang benar dalam mewujudkan produk dengan disertai latihan-latihan meliputi teknik kerja bangku/kerja mesin, teknik kerja kerja bubut, teknik kerja ukir, teknik kerja raut, teknik kerja sekroll, teknik kerrja inlay, teknik kerja kreatif baik secara tunggal maupun adonan beberapa tekik kerja.

Bab V Finishing/ Reka oles 
Finishing / reka oles ini suatu proses yang akan sangat memilih penampilan produk final maka dalam potongan ini akan dijelaskan macam-macam dan teknik yang akan diterapkan dalam proses finishing produk kriya kayu.

Bab VI Disain Produk Kriya Kayu
Disain Produk dalam potongan ini berisi perihal bagaimana mekanisme mendisain kriya kayu dilakukan, cakupan dalam bahasan ini meliputi wawasan disain produk, citra banyak sekali jenis produk kriya kayu dengan contoh-contohnya, disain-disain yang marketable, mekanisme mendisain dengan mengikuti hukum proses disain, penerapan ornament (ukir dan inlay) dalam kriya kayu.

Latar Belakang
Indonesia amatlah kaya akan seni dan budayanya , seni dan budaya ini belum dikembangkan secara maksimal bahkan hampir dilupakan dengan munculnya budaya-budaya import. Seni dan budaya Indonesia merupakan seni budaya -warisan nenek moyang yang didalamnya berisi tuntunan-tuntunan baik sebagai ciri bangsa yang perlu dilestarikan. Dengan ciri-ciri ini maka bangsa Indonesia sanggup gampang dikenal diberbagai belahan negara di dunia alasannya mempunyai ciri yang khusus dan berbeda dengan bangsa lain.

Sumber daya alam yang melimpah di Indonesia yang sangat potensial untuk mengembangkan seni kriya dengan santunan kekayaan seni dan budaya yang bervariasi akan memudahkan dalam mewujudkan kriya gres yang berakar budaya Indonesia. Dengan kekayaan dan akomodasi ini akan sangat memungkinkan munculnya kriawan-kriawan gres yang cukup handal apabila ditunjang dengan menyebarkan sarana dan prasarana yang memadai salah satunya buku rujukan yang sanggup diacu sebagai rujukan pengembangan produk kriya.

Memasuki abad global, maka dituntut adanya sumberdaya insan yang bisa bersaing arena global tersebut. Lulusan Sekolah Menengah kejuruan Program keahlian kriya harus bisa bersaing dengan lulusan lain alasannya mempunyai peluang yang sangat lebar untuk memasuki pasar bebas tersebut dengan bermodalkan cirikhas seni dan budaya Indonesia dan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai . Untuk itu banyak sekali bentuk sarana dan pendukungnya perlu dikondisikan dan dipenuhi salah satunya ialah buku pedoman yang berbobot yang membahas seni kriya dan teknologi pengerjaan kriya sebagai tuntunan mencapai tujuan diatas.

Berangkat dari uraian diatas, maka buku ini disusun semoga sanggup menjadi pedoman pembelajaran di sekolah baik sebagai pegangan siswa maupun sebagai rujukan guru.

Landasan Penulisan Buku
Landasan yang dipakai dalam penulisan buku “KRIYA KAYU” ini ialah Standar Kompetensi Nasional (SKN) dan kurikulum yang berlaku, pada ketika ini kurikulum yang diberlakukan ialah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang disusun sekolah diturunkan dari SKN.

Tujuan dan Sasaran
  1. Tujuan dari Penulisan Buku Kriya Kayu ini ialah semoga siswa Sekolah Menengah kejuruan Program keahlian kriya kayu dan masyarakat yang berminat dengan kriya kayu memahami dan bisa mewujukan produk kriya kayu dengan akar budaya Indonesia dan luar Indonesia dengan banyak sekali keteknikan baik tradisional dan modern.
  2. Sasaran yang diharapkan pada penulisan buku Kriya Kayu ini ialah tersebarnya wawasan kekrian terutama kriya kayu pada siswa Sekolah Menengah kejuruan Program keahlian kriya kayu dan masyarakat lain sehingga akan menumbuhkan kecintaan pada seni kriya khususnya kriya Indonesia yang karenanya akan menumbuhkan besar hati akan budaya Indonesia dan buatan bangsa Indonesia.

Materi
Materi dalam buku kriya kayu ini meliputi konsep kriya yang perlu dipahami oleh semua pembaca sebagai landasan berpijak dan seluruh proses dalam mewujudkan produk kriya kayu serta langkah-langkah dalam mendisain kriya kayu. Adapun materi pokok dalam buku ini meliputi:
  1. Pendahuluan yang berisikan konsep kriya dan kriya kayu
  2. Bahan-bahan kriya kayu
  3. Alat-alat kriya kayu
  4. Teknologi kerja kriya kayu
  5. Desain kriya kayu

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Kayu

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Kayu ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Kayu



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Pariwisata Kriya Kayu. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Smk Seni Dan Pariwisata Kriya Kayu"