Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Pengembangan Talenta Dan Minat Siswa Smk

Berikut ini yakni berkas Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK. Diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah kejuruan Ditjen Dikdasmen Kemdikbud. Download file PDF.

 Berikut ini yakni berkas Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa Sekolah Menengah kejuruan Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK
Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK

Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK

Berikut ini kutipan teks dari isi Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK:

Pendahuluan
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai forum pendidikan menengah berbasis kejuruan yang berperan menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah yang terampil, kompeten dan mandiri. Pendidikan Sekolah Menengah kejuruan bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik untuk sanggup membuatkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menyiapkan peserta didik untuk memasuki lapangan kerja. Pendidikan Sekolah Menengah kejuruan juga mempunyai tujuan untuk membuatkan peserta didik supaya mempunyai kemampuan dan kompetensi profesional.

Tes talenta dan minat perlu dilakukan untuk sanggup mengetahui suatu keterampilan dari peserta didik. Selain itu perlu juga dilakukan pendampingan dan pengembangan kemampuan sesuai talenta peserta didik yang ada pada diri individu. Keterampilan peserta didik Sekolah Menengah kejuruan perlu dikembangkan untuk sanggup bersaing sesudah peserta didik tersebut lulus sekolah untuk lalu sanggup bersaing di dunia kerja, serta bisa mengoptimalkan talenta yang ada dalam diri individu. Tes talenta dan minat ini sanggup memetakan peserta didik dalam pemilihan talenta dan minat yang sesuai dengan kompetensi dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik. Berdasarkan hasil tes talenta dan minat yang dilakukan, guru sanggup mengelompokkan peserta didik sesuai dengan talenta dan minat peserta didik. Guru juga sanggup lebih gampang untuk bisa membuatkan talenta dan minat yang dimiliki oleh peserta didik.

Tes ini dirancang untuk menunjukkan isu mengenai jenis talenta dan minat yang relevan dengan keterampilan dan karir peserta didik di sekolah. Tes ini akan memungkinkan Individu untuk mengungkap potensi bahwasanya untuk lalu peserta didik sanggup meningkatkan kelebihan dan mengatasi kelemahan yang ada pada diri peserta didik yang bersangkutan, sehingga Individu dapat:
  1. Mengetahui dan memahami apa yang menjadi kelebihan/kekuatan Individu dan menemukan cara yang sempurna untuk membuatkan kekuatan tersebut secara optimal.
  2. Mengetahui dan memahami apa yang menjadi kekurangan/kelemahan Individu supaya sanggup mengatasi dan mengkompensasi kelemahan tersebut.
Secara umum tes psikologi dibagi ke dalam beberapa jenis tes, yaitu: Tes Inteligensi, Tes Kepribadian, dan Tes kinerja. Dalam hal ini tes talenta dan minat merupakan bab dari tes inteligensi. Tes talenta dan minat ini dibagi menjadi 2 alat tes, yaitu alat tes inventori minat dan alat tes bakat. Alat tes inventori minat ini berfungsi untuk mengetahui minat siswa terhadap suatu bidang keahlian yang dimiliki oleh lembaga

Tujuan
Tes talenta dan minat ini mempunyai beberapa tujuan terhadap pengembangan peserta didik yang ada di SMK. Tujuan tes talenta dan minat ini yaitu sebagai berikut:
  • Mengetahui dan memahami apa talenta dan minat Individu dan menemukan cara untuk membuatkan kekuatan tersebut secara optimal.
  • Individu sanggup melaksanakan pemetaan lebih jauh mengenai talenta yang dimilikinya dan minat yang diinginkannya.
  • Individu sanggup mengambil keputusan untuk menentukan talenta dan minatnya dengan sempurna sesuai dengan kemampuan dan keinginannya. Keputusan tersebut memungkinkan menunjukkan hasil yang bervariasi untuk setiap individu bahkan dikala mereka mempunyai kesempatan yang sama untuk mendapat hasil tertentu, alasannya yakni setiap individu sanggup mempersepsikan nilai pentingnya suatu hasil tes secara berbeda.
  • Tujuan dalam kerangka institusional yaitu, nilai dari keputusan ditentukan oleh institusi dan berlaku sama untuk setiap keputusan tertentu. Contoh dari keputusan institusional yakni penerimaan siswa untuk masuk sekolah pada bidang keahlian/kejuruan yang diminati atau juga bias dipakai untuk seleksi perusahaan.
  • Pengelompokan talenta dan minat peserta didik sanggup dilakukan untuk mempermudah pengembangan talenta dan minat masing-masing peserta didik SMK.

Manfaat
Tes talenta dan minat ini mempunyai manfaat bagi beberapa elemen yaitu bagi siswa, guru dan institusi pendidikan terkait. Manfaat tes talenta dan minat ini akan dijelaskan sebagai berikut:
  • Manfaat bagi siswa yaitu siswa sanggup mengetahui dengan baik talenta dan minat yang dimilikinya sehingga sanggup menjadi pola dalam menentukan sekolah atau bidang kejuruannya.
  • Manfaat bagi guru yakni supaya guru bisa membuatkan potensi yang telah dimiliki oleh siswa yang telah mengetahui talenta dan minatnya, sehingga memudahkan untuk membimbing siswa dalam memperoleh hasil mencar ilmu yang optimal.
  • Manfaat yang terakhir yakni bagi pemerintah atau institusi pendidikan terkait yaitu sanggup memperoleh citra yang bersifat mikro maupun yang bersifat makro terkait talenta dan minat siswa Sekolah Menengah kejuruan yang ada. Apakah siswa telah menentukan bidang kejuruan sesuai dengan talenta dan minat yang dimilikinya. Hal ini tentu berkaitan juga dengan kebijakan apa yang akan diambil dalam menyikapi hasil tersebut.

Lingkup Penggunaan
Lingkup penggunaan alat tes talenta dan minat ini yaitu diperuntukkan bagi guru-guru Sekolah Menengah kejuruan terutama guru mata pelajaran Bimbingan Konseling (BK). Guru BK sanggup diberikan training dan pembekalan terlebih dahulu sebelum melaksanakan manajemen tes, melaksanakan skoring, dan lalu membaca hasil tes tersebut. Penggunaan alat tes talenta minat ini dilakukan pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Siswa yang sanggup mengikuti tes talenta dan minat ini yaitu siswa Sekolah Menengah kejuruan yang sedang menjalani agenda kejuruan maupun yang akan masuk sekolah kejuruan. 

    Download Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa Sekolah Menengah kejuruan ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:



    Download File:
    Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK.pdf
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK. Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Pengembangan Talenta Dan Minat Siswa Smk"