Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hutan Purba Tertutup Bubuk Vulkanik Ditemukan Di China

Hutan China Pompei 300 Juta tahun
Ditemukan sebuah hutan yang umurnya sudah sekitar 300 juta tahun. Hutan ini “terawat” sebab tertutup oleh abu vulkanik yang menutup seluruh tempat yang punya luas hampir satu kilometer persegi. Sebagian pepohonan telah rusak, namun banyak pula yang terlihat utuh sebab terawetkan oleh abu.
Hutan ini ditemukan di tempat hutan rawa-rawa di sekitar Distrik Wuda, China utara. Letaknya erat dengan Mongolia. Dikutip BBC, volume bubuk yang menutupi hutan purba tersebut sangat besar. Penggalian pun gres difokuskan di tiga lokasi.
Menurut Hermann Pfefferkorn dari University of Pennsylvania, AS, nantinya temuan ini akan mengungkapkan banyak hal. Misalnya, dikala ini peneliti sudah mengungkap enam kelompok pohon, seperti Sigillaria dаn Cordaites yang telah punah.
“Di lokasi itu, kita menemukan ranting. Dan sehabis kita lacak lagi, ada dahan. Sehingga karenanya kita bisa melacak pohonnya.Ini benar-benar menarik,” kata Pfefferkorn.
Diperkirakan, hutan purba ini muncul pada 299-251 juta tahun lalu. Kala itu, daratan pada beberapa benua masih menjadi sebuah daratan luas yang disebut Pangaea. Jenis binatang yang hidup kala itu menyerupai jenis mamalia, kura-kura, lepidosaurs, dаn archosaurs. Ada pula Noeggerathiales,  kelompok pohon besar уаng sudah punah.
Sumber: tempo

Posting Komentar untuk "Hutan Purba Tertutup Bubuk Vulkanik Ditemukan Di China"