Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 Sd Mi Kurikulum 2013

Berikut ini ialah berkas Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013. Download file PDF.

 Berikut ini ialah berkas Buku Guru Matematika Revisi  Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013
Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 

Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013:

BAB I: BIlangan Bulat
Di kelas sebelumnya siswa telah berguru banyak wacana operasi perkalian dan pembagian pada bilangan bundar positif. Dalam konteks perkalian dan pembagian dengan objek bilangan bundar positif secara umum gampang untuk dipahami bahwa perkalian mengakibatkan kuantitas bertambah banyak (berkali lipat), sedangkan pembagian mengakibatkan kuantitas berkurang (terbagi). Apakah hal terebut juga berlaku pada operasi perkalian dan pembagian pada bilangan pecahan? Untuk mendapat jawabannya, guru mengajak siswa mempelajari lebih lanjut wacana perkalian dan pembagian dengan objek bilangan pecahan.

Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai pemikiran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan kawasan bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan bilangan bundar negatif (termasuk memakai garis bilangan).
3.2 Menjelaskan dan melaksanakan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bundar negatif.
4.1 Menggunakan konsep bilangan bundar negatif (termasuk memakai garis bilangan) untuk menyatakan situasi sehari-hari.
4.2 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bundar negatif dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari bahan ini, dibutuhkan siswa mampu:
  • Menjelaskan bilangan bundar negatif pada garis bilangan
  • Menjelaskan bilangan bundar negatif dalam konteks sehari-hari
  • Menjelaskan dan melaksanakan operasi penjumlahan yang melibatkan bilangan bundar negatif
  • Menjelaskan dan melaksanakan operasi pengurangan yang melibatkan bilangan bundar negatif
  • Menjelaskan dan melaksanakan operasi perkalian yang melibatkan bilangan bundar negatif
  • Menjelaskan dan melaksanakan operasi pembagian yang melibatkan bilangan bundar negatif
  • Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bundar negatif dalam kehidupan sehari-hari

Rangkuman
Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajak siswa untuk menciptakan rangkuman dengan menawarkan pertanyaan pengarah sebagai berikut.
  1. Bilangan bundar terdiri dari ..., ..., dan ....
  2. Bilangan bundar positif terletak di sebelah ... bilangan nol. Bilangan bundar negatif terletak di sebelah ... bilangan nol.
  3. Jelaskan cara mengurutkan bilangan bulat.
  4. Dua bilangan bundar dikatakan berlawanan bila ....
  5. Jelaskan cara mengurangkan bilangan bundar oleh bilangan bundar negatif.

BAB II: Operasi Hitung Campuran
Di kelas sebelumnya siswa sudah berguru wacana operasi hitung bilangan cacah. Siswa juga pernah berguru wacana operasi hitung pecahan. Operasi hitung tersebut mencakup penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Siswa juga sudah mengenal sifat komutatif dan sifat asosiatif penjumlahan atau perkalian. Bagaimana bila dalam sebuah soal terdapat lebih dari satu operasi hitung? Misalnya penjumlahan dan perkalian, penjumlahan dan pembagian, pengurangan dan perkalian, atau bahkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian sekaligus.

Untuk menuntaskan operasi hitung adonan tersebut tentu ada aturan, contohnya operasi mana yang harus dikerjakan lebih dahulu. Hal itu akan dipelajari dalam kepingan ini.

Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai pemikiran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan kawasan bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar
3.3 Menjelaskan dan melaksanakan operasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam banyak sekali bentuk sesuai urutan operasi.
4.3 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.

Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari bahan ini, siswa dibutuhkan mampu:
  • Memahami konsep operasi hitung campuran.
  • Melakukan operasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan, dan desimal.
  • Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan operasi hitung adonan dalam kehidupan sehari-hari.

Rangkuman
Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajak siswa untuk menciptakan rangkuman dengan menawarkan pertanyaan pengarah sebagai berikut.
  1. Operasi hitung adonan melibatkan operasi pengurangan, penjumlahan, perkalian, pembagian dan tanda kurung. Tentukan urutan operasi hitung yang didahulukan bila kau menjumpainya secara tolong-menolong dalam suatu operasi hitung campuran. 
  2. Jika dalam suatu operasi hitung adonan terdapat operasi hitung perkalian dan pembagian, yang manakah yang didahulukan? Jelaskan dengan dua masalah berikut. a. 400 × 100 : 25 b. 400 : 100 × 25.

BAB III: Lingkaran
Lingkaran ialah salah satu bentuk berdiri datar yang banyak dijumpai di sekitar kita. Pada kepingan ini siswa akan mempelajari unsur-unsur lingkaran, ibarat jari-jari, diameter, titik pusat, busur, juring, tembereng, dan tali busur. Siswa juga akan mempelajari wacana keliling dan luas lingkaran. Pengetahuan wacana lingkaran sanggup banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk memilih jarak rumah ke sekolah dengan menghitung banyaknya putaran roda sepeda.

Kompetensi Inti
KI 1: Menerima, menjalankan, dan menghargai pemikiran agama yang dianutnya.
KI 2: Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan kawasan bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar
3.4 Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring.
3.5 Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran.
4.4 Mengidentifikasi titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring.
4.5 Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menuntaskan masalah.

Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari bahan ini, siswa dibutuhkan mampu:
  • Menjelaskan istilah-istilah yang terkait lingkaran, antara lain: titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring
  • Memahami sifat-sifat lingkaran
  • Memahami hubungan antara jari-jari dengan diameter
  • Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran
  • Menemukan taksiran nilai pi sebagai perbandingan keliling dan diameter

Rangkuman
Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajak siswa untuk menciptakan rangkuman dengan menawarkan pertanyaan pengarah sebagai berikut.
  1. Apa saja yang termasuk unsur-unsur lingkaran?
  2. Apa yang dimaksud dengan titik sentra lingkaran?
  3. Apa yang dimaksud dengan jari-jari lingkaran?
  4. Apa yang dimaksud dengan diameter lingkaran?
  5. Apa yang dimaksud dengan busur lingkaran?
  6. Apa yang dimaksud dengan tali busur lingkaran?
  7. Apa yang dimaksud dengan tembereng lingkaran?
  8. Apa yang dimaksud dengan juring lingkaran?
  9. Nilai pi yang sering dipakai ialah ... dan ....
  10. Apa yang dimaksud dengan keliling lingkaran?
  11. Rumus keliling lingkaran ... atau ....
  12. Apa yang dimaksud dengan luas lingkaran?
  13. Rumus luas lingkaran ....

BAB IV: Geometri Ruang
Kompetensi Inti
KI 1: Menerima, menjalankan, dan menghargai pemikiran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan kawasan bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar
3.4 Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
3.7 Menjelaskan berdiri ruang yang merupakan gabungan dari beberapa berdiri ruang, serta luas permukaan dan volumenya
4.6 Mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola
4.7 Mengidentifikasi berdiri ruang yang merupakan gabungan dari beberapa berdiri ruang, serta luas permukaan dan volumenya

Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari bahan ini, siswa dibutuhkan mampu:
  • Menjelaskan pengertian prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
  • Menjelaskan sifat-sifat prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
  • Menentukan volume prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
  • Membandingkan volume prisma dan tabung, prisma dan limas, limas dan kerucut, tabung dan kerucut.
  • Menentukan luas permukaan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
  • Menaksir volume dan luas permukaan gabungan beberapa berdiri ruang.
  • Menyelesaikan duduk kasus berkaitan dengan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola

Rangkuman
Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajak siswa untuk menciptakan rangkuman dengan menawarkan pertanyaan pengarah sebagai berikut.
  1. Jelaskan sifat-sifat berdiri ruang (prisma, tabung, limas, kerucut, bola).
  2. Tuliskan rumus volume berdiri ruang (prisma, tabung, limas, kerucut, bola).
  3. Tuliskan rumus luas permukaan berdiri ruang (prisma, tabung, limas, kerucut, bola).
  4. Bagaimana memilih volume dan luas permukaan gabungan berdiri ruang?

BAB V: Statistika
Kompetensi Inti
KI 1: Menerima, menjalankan, dan menghargai pemikiran agama yang dianutnya.
KI 2: Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan kawasan bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar
3.8 Menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk memilih nilai mana yang paling sempurna mewakili data
4.8 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan modus, median, dan mean dari data tunggal dalam penyelesaian masalah.

Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari bahan ini, siswa dibutuhkan mampu:
  • Menjelaskan pengumpulan data
  • Menentukan mean dari data tunggal
  • Menentukan median dari data tunggal
  • Menentukan modus dari data tunggal
  • Menginterpretasikan hasil mean, median, dan modus dari data tunggal
  • Menyelesaikan duduk kasus berkaitan dengan mean, median, dan modus dari data tunggal

Rangkuman
Setelah proses pembelajaran selesai, guru mengajak siswa untuk menciptakan rangkuman dengan menawarkan pertanyaan pengarah, sebagai berikut.
  1. Apa perbedaan data dan datum?
  2. Apa tujuan pengumpulan data?
  3. Apa pengertian dari tabel?
  4. Apa pengertian dari diagram gambar?
  5. Apa pengertian dari diagram batang?
  6. Apa pengertian dari diagram garis?
  7. Bagaimana memilih nilai mana yang paling sempurna mewakili data, apakah dengan mean, median, atau modus?

    Download Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013  ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 



    Download File:
    Buku Guru Matematika Kurikulum 2013 Kelas 6 SD MI Revisi 2018.pdf

    Untuk Buku Guru Matematika Kelas 4 dan Kelas 5 silahkan download:
    Buku Guru Matematika Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013
    Buku Guru Matematika Edisi Revisi 2018 Kelas 5 SD MI Kurikulum 2013

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 . Semoga bisa bermanfaat.

    Posting Komentar untuk "Buku Guru Matematika Revisi 2018 Kelas 6 Sd Mi Kurikulum 2013"