Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Model Pembelajaran Course Review Horay



Penguasaan kelas yang baik merupakan kebutuhan pokok dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan penguasaan kelas merupakan modal dasar dalam mewujudkan pembelajaran efektif. Guru juga akan lebih gampang melakukan tugasnya bila berhasil menguasai kelas dengan baik. Salah satu indikasi keberhasilan dalam penguasaan kelas ialah terciptanya iklim kelas yang menyenangkan bagi siswa.

Guru bukanlah sebagai satu-satunya sumber ilmu, tetapi lebih sebagai fasilitator, motivator, dinamisator dalam proses pembelajaran, memakai metode mengajar, media dan alat bantu mengajar untuk membantu penerima didik berbagi potensinya. Hal tersebut selaras diantara 4 konsep pilar prinsip dasar pendidikan berdasarkan UNESCO yaitu learning to know (menuju penguasaan ilmu pengetahun), learning to do (menuju penguasaan ketrampilan), learning to be (menemukan jati diri), learning to live together (hidup bersama dalam keragaman). Learning to be (menemukan jati diri) sanggup ditemukan dalam iklim kelas.

Iklim kelas ialah penentu psikologis utama yang menghipnotis acara belajar. Pada dasarnya kelas ialah arena mencar ilmu yang dipengaruhi oleh emosi. Itu sebabnya guru harus berupaya membuat suasana mencar ilmu yang menyenangkan. Iklim kelas akan kuat terhadap kemampuan penerima didik dalam memusatkan perhatian dan menyerap informasi sebanyak-banyaknya. Dengan demikian guru mempunyai kwajiban menata lingkungan yang sanggup mendukung situasi mencar ilmu menuju kompetensi dasar yang ingin dicapainya.

Masalah yang seringkali timbul dalam proses mencar ilmu mengajar ialah guru terpaku pada suasana yang kaku, monoton dan membosankan. Apalagi bila proses mencar ilmu mengajar dilaksanakan pada jam-jam final pelajaran, ditunjang dengan keadaan perut penerima didik dalam keadaan kosong atau lapar, kondisi tubuh lelah, ditambah hawa yang panas menyengat, menimbulkan semangat mencar ilmu penerima didik menurun.

Perlu disadari bahwa pembelajaran merupakan suatu interaksi yang bersifat kompleks dan timbal-balik antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Selayaknya siswa diberi kesempatan yang memadai untuk ikut ambil potongan dan diperlakukan secara sempurna dalam sebuah proses pembelajaran.

Ditengarai bahwa dunia anak merupakan dunia bermain, tetapi acapkali guru melupakan hal ini. Semestinya setiap guru dalam setiap proses pembelajarannya membuat suasana yang menyenangkan (fun), menggairahkan (horee), dinamis (mobile), penuh semangat (ekpresif) dan penuh tantangan (chalenge). Berikut ini ialah model pembelajaran Course Review Horay, yang mungkin cocok diterapkan di kelas:

Pengertian Model pembelajaran Course Review Horay
Model pembelajaran Course Review Horay merupakan model pembelajaran yang sanggup membuat suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan lantaran setiap siswa yang sanggup menjawab benar maka siswa tersebut diwajibkan berteriak ’hore!’ atau yel-yel lainnya yang disukai. Tujuan dari yel-yel ini sendiri ialah 1) untuk menumbuhkan semangat mencar ilmu siswa, 2) menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, 3) dan mewujudkan korelasi yang bersahabat antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa.
         
Jadi, model pembelajaran course review horay ini merupakan suatu model pembelajaran yang sanggup dipakai guru supaya sanggup tercipta suasana pembelajaran di dalam kelas yang lebih menyenangkan. Sehingga para siswa merasa lebih tertarik. Karena dalam model pembelajaran course review horay ini, apabila siswa sanggup menjawab pertanyaan secara benar maka siswa tersebut diwajibkan meneriakan kata “hore” ataupun yel-yel yang disukai dan telah disepakati oleh kelompok maupun individu siswa itu sendiri.

Model pembelajaran course review horay juga merupakan suatu metode pembelajaran dengan pengujian pemahaman siswa memakai soal dimana balasan soal dituliskan pada kartu atau kotak yang telah dilengkapi nomor dan untuk siswa atau kelompok yang mendapat balasan atau tanda dari balasan yang benar terlebih dahulu harus eksklusif berteriak “horay” atau menyanyikan yel-yel kelompoknya.

Jadi, dalam pelaksanaan model pembelajaran course review horay ini pengujian pemahaman siswa dengan memakai kotak yang berisi nomor untuk menuliskan jawabannya. Dan siswa yang lebih dulu mendapat tanda atau balasan yang benar harus eksklusif segera menyoraki kata-kata “horay” atau menyoraki yel-yelnya.         

Agar pemahaman konsep bahan yang akan dibahas sanggup dikaji secara terarah maka seiring dengan perkembangan dunia pendidikan pembelajaran Corse Review Horay menjadi salah satu alternative sebagai pembelajaran yang mengarah pada pemahaman konsep. Pembelajaran Course Review Horay, merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yaitu acara mencar ilmu mengajar dengan cara pengelompokkan siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil.
                                                                  
Pembelajaran Course Review Horay yang dilaksanakan merupakan suatu pembelajaran dalam rangka pengujian terhadap pemahaman konsep siswa memakai kotak yang diisi dengan soal dan diberi nomor untuk menuliskan jawabannya. Siswa yang paling terdahulu mendapat tanda benar eksklusif berteriak horay atau yel-yel lainnya. Melalui Pembelajaran Course Review Horay dibutuhkan sanggup melatih siswa dalam menuntaskan dilema dengan pembentukkan kelompok kecil.

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Course Review Horay
1.    Guru menyampaikan  kompetensi yang ingin dicapai.
2.    Guru menyajikan atau mendemonstrasikan bahan sesuai topik dengan tanya jawab
3.    Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok.
4.    Untuk menguji pemahaman siswa disuruh membuat kartu atau kotak sesuai dengan kebutuhan dan diisi dengan nomor yang ditentukan guru.
5.    Guru membaca soal secara acak dan siswa menuliskan jawabannya didalam kartu atau kotak yang nomornya disebutkan guru.
6.    Setelah pembacaan soal dan balasan siswa telah ditulis didalam kartu atau kotak, guru dan siswa mendiskusikan soal yang telah diberikan tadi.
7.    Bagi yang benar,siswa memberi tanda check list ( √ ) dan eksklusif berteriak horay atau menyanyikan yel-yelnya.
8.    Nilai siswa dihitung dari balasan yang benar dan yang banyak berteriak horay
9.    Guru menunjukkan rewardv pada yang memperoleh nilai tinggi atau yang banyak memperoleh horay.
10. Penutup

Kelebihan Model Pembelajaran Corse Review Horay
1.    Pembelajarannya menarik dan mendorong siswa untuk sanggup terjun kedalamnya.
2.    Pembelajarannya tidak monoton lantaran diselingi sedikit hiburan sehingga suasana tidak menegangkan.
3.    Siswa lebih semangat mencar ilmu lantaran suasana pembelajaran berlangsung menyenangkan
4.     Melatih kerjasam

Kelemahan Model Pembelajaran Course Review Horay
1.    Siswa aktif dan pasif nilainya disamaka
2.    Adanya peluang untuk curang 

Posting Komentar untuk "Model Pembelajaran Course Review Horay"